PT MSJ: Biaya Tol BORR Ditaksir Capai Rp2,4 Triliun

JABARNEWS | BOGOR – Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang membentang di atas Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor ke Dramaga Kabupaten Bogor, PT Marga Sarana Jabar (MSJ) menaksir kebutuhan biayanya mencapai Rp2,4 triliun.

Menurut Hendro Atmodjo, Direktur Utama PT MSJ menyebutkan, bahwa pembangunan jalan sepanjang 6 kilometer itu bernama proyek Tol BORR seksi IV, yaitu menghubungkan antara Salabenda Kota Bogor, dengan Dramaga Kabupaten Bogor. Pada seksi IV, Tol BORR tak lagi berbentuk jalan layang, alias membuka jalur baru dengan pembebasan lahan.

Baca Juga:  Pemberlakuan Self Check in Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

“untuk tanahnya 1 kilometer rata-rata sekitar Rp100 miliar, konstruksinya Rp300 miliar, diperkirakan Rp2,4 triliun tanah sama konstruksinya,” ujar Direktur Utama PT MSJ, Rabu (20/11/2019).

Kemudian, PT MSJ dipercaya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melanjutkan pembangunan Tol BORR setelah merampungkan pembangunan Seksi IIIA yang ditargetkan selesai akhir tahun ini, dan Seksi IIIB yang rencananya dimulai pada 2021.

Baca Juga:  Cek Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

“Kami yang ditugaskan sampai Dramaga. Dengan surat dari BPJT sudah meminta kami untuk meneruskan sampai Dramaga. Kemarin ada wacana meneruskan sampai Bocimi, tapi kita tunggu saja,” bebernya.

Meski begitu, menurutnya Tol BORR Seksi IV akan digarap ketika pembangunan jalan Tol Depok-Antasari (Desari) sudah terhubung ke Salabenda.

Baca Juga:  Tenang Hadapi Inflasi dan Isu Resesi Global, Bibit: Investasi Reksa Dana Jadi Solusi

“Kami bangun kalau BORR sudah tersambung dengan Depok-Antasari di Salabenda yang sedang digarap PT Citra. Insyaallah 2022 setelah selesai nyambung, Depok-Antasari di Salabenda,” kata Hendro.

Sementara itu,, Hendro menyebutkan bahwa sekitar Salabenda akan disulap layaknya simpang susun Cawang, DKI Jakarta karena interchange tersebut akan mengintegrasikan Tol Bogor-Dramaga-Ciawi (Bogaci) dan Depok-Antasari (Desari) yang disebut Jagorawi Dua dengan Tol BORR. (Ara)