Emil Sebut Pembangunan Masjid Al-Jabbar Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

JABARNEWS | BANDUNG – Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, memasuki tahap ketiga. Pekerjaan detail di bagian eksterior maupun interior, seperti taman, air mancur dan fasilitas untuk difabel, akan segera diselesaikan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, setiap sudut di Masjid Al-Jabar mesti memiliki fungsi. Maka itu, dia menginstruksikan kepada tim perencana pembangunan untuk memperhatikan aspek fungsionalitas dalam pembangunan maupun penambahan fasilitas.

Baca Juga:  Tebing Setinggi Belasan Meter Longsor, Jalur Alternatif Cianjur-Jonggol Terputus

“Mudah-mudahan di bulan Maret kita sudah bisa mengerjakan pembangunan tahap ketiga, selesai di bulan Desember, sehingga di awal 2021 sudah bisa diresmikan,” kata Emil sapaan akrabnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (23/1/2020).

Emil berharap Masjid Raya Al-Jabbar tidak hanya menjadi sebuah bangunan monumental karena masjid tersebut merupakan bagian dari komitmen pemimpin kepada dakwah Islam dan kemajuan peradaban masyarakat.

Baca Juga:  Ribuan Disabilitas di Kota Bandung Butuh Perhatian Khusus, Mayoritas Kurang Sejahtera

“Tinggal tahap selanjutnya adalah ruang pameran tentang sejarah Nabi Muhammad SAW,” ucapnya.

Menurut Emil, Masjid Raya Al-Jabbar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Bandung Timur. Selain ditunjang oleh Stasiun Cimekar, nantinya, Masjid Al-Jabbar akan terintegrasi dengan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta.

“Bisa jadi tempat wisata, wisata arsitektur dan wisata religi, dipakai solat, dipakai Idul Adha, Idul Fitri, dan lain-lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ngaku Telah Percepat Jangkauan Sinyal 4G di 12.548 Desa

Masjid yang berada di atas tanah seluas 25,99 hektare itu dibangun dengan konsep terapung di atas Embung Gedebage yang memiliki luas 7,2 hektare. Embung tersebut dapat menampung air sampai 270.000 meter kubik (m3) yang berfungsi untuk mengendalikan banjir, sumber air dan konservasi. (RNU)