Petugas Gabungan Siaga Amankan Perayaan Imlek di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, sebanyak 80 personil gabungan terdiri dari Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis dan Satpol PP sudah disiagakan sejak beberapa hari kemarin untuk memberikan rasa aman beribadah bagi umat bergama Konghucu di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.

Perayaan Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada 25 Januari 2020 tersebut, ratusan warga Tionghoa akan berbondong-bondong memenuhi kelenteng untuk melaksanakan doa bersama. Salah satunya di kelenteng Hok Tek Bio Ciamis, personel gabungan akan terus disiagakan menjaga tempat ibadah tersebut sampai perayaan imlek itu selesai.

Baca Juga:  ASN Kota Tebing Tinggi Terima Sanksi Bila Tidak Masuk Kerja Usai Libur Lebaran

“Pengamanan dari aparat gabungan tersebut tidak lain hanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Konghucu dalam melaksanakan ibadahnya, oleh sebab itu bagi siapapun yang melanggu keamanan dan ketertiban umum, kita tidak akan segan-segan untuk menindaknya,” ujar Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga:  Ditjen PPKTrans Bahas Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pertanian di Kapuas

Sementara, Pi Cin selaku penjaga Hok Tek Bio Ciamis mengaku persiapan menjelang pergantian Imlek sudah dilakukan, mulai dari memandikan hingga mengganti pakaian Dewa, tak hanya itu, lampion dan lilin bernuansa warna merah tersebut juga sudah dipasang sedemikian baik.

Baca Juga:  Duh! 469 TPS Rawan Tersebar di 34 Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya

“Ratusan warga keturunan Tionghoa setiap tahunnya selalu memenuhi kelenteng Hok Tek Bio Ciamis untuk melakukan doa bersama dan sembahyang doa kepada leluhur,” tuturnya. (CR1)