Diberlakukan Tilang Elektronik untuk Motor Di Lokasi Ini

JABARNEWS | JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mulai memberlakukan sistem tilang elektronik atau Electroni c Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk sepeda motor pada 1 Februari 2020.

Untuk tahap awal, titik kamera pengawas yang dapat menilang kendaraan roda dua berada di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, membenarkan hal tersebut kepada kumparan.

“Ada 2 titik jalan protokol di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, termasuk di jalur Busway,” kata Fahri Siregar dilansir dari laman Kumparan.com, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga:  Ma’ruf Amin Luncurkan Vaksinasi Anak dan Ibu Hamil di Jabar

Fahri juga mengonfirmasi tilang elektronik sepeda motor akan diterapkan di jalur Busway Ragunan. Hanya saja ia tidak menyebutkan secara pasti titik awal dan akhir letak pemasangan kamera ETLE pada jalur tersebut.

Baca Juga:  Febri Bakal Maksimal Main Lawan Persipura

“Iya, (di Ragunan), nanti titiknya kita informasi lebih lanjut ya,” ujarnya singkat.

Jika melihat peta jalur Transjakarta, jalur Busway Ragunan termasuk rute Koridor 6 yang meliputi Halte Ragunan hingga Dukuh Atas. Titik-titik kepadatan kendaraan memang kerap terjadi di jalur tersebut, khususnya antara Halte SMK 57 hingga Mampang Prapatan.

Baca Juga:  Jadi Tersangka Korupsi, Sekretaris Disdagin Kabupaten Bogor Belum Ditahan dan Masih Menjabat

Untuk pelanggaran yang akan ditindak dari tilang elektronik sepeda motor meliputi:

1. Pelanggaran rambu

2. Pelanggaran marka

3. Pelanggaran tidak memakai helm

Sementara mekanisme penilangan sama seperti sistem penilangan untuk mobil. Sepeda motor yang terfoto pelat motornya akan diinput datanya, dikirimkan ke pemilik kendaraan untuk melakukan konfirmasi. (Red)