Bakal Ada Destinasi Wisata Baru di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di tahun 2020 ini, sejumlah destinasi wisata baru akan hadir di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Setidaknya hingga saat ini, sudah ada pengajuan lima tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta ke pemerintah daerah setempat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana.

“Ada lima tempat, di sekitar Wanayasa, Bojong, Kiarapedes. Yang rata-rata tempat wisata air,” katanya, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga:  Sadis, Pelajar SMA di Cirebon Bacok Montir Bengkel Gegara Ini

Irfan menyebut, destinasi baru yang dibuka Pemerintah Kabupaten Purwakarta di tahun 2020 sementara hanya Taman Air Mancur Welas Asih. Selain itu, pihaknya juga tetap melakukan promosi tempat wisata yang sebelumnya ramai. Jangan sampai setelah ada tempat baru jadi sepi,” paparnya.

Terpisah, Kepala Disporaparbud Purwakarta, Agus Hasan Saepudin, membenarkan soal berkurangnya jumlah pengunjung khususnya di Situ Wanayasa semenjak adanya tempat wisata baru.

Baca Juga:  Yuk! Kenali 'SIBAPER', Layanan Digital Untuk Aduan Jalan Rusak di Purwakarta

“Kalau ada pihak swasta berminat, kita sangat mendukung dan akan kami fasilitasi bertemu dengan bupati untuk pengembangan wisata,” katanya.

Persoalan menurunnya wisatawan yang datang ke Situ Wanayasa, lanjutnya, berdampak pada penurunan omset para pelaku UKM di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad Berikan Wawasan Kepemimpinan Bagi Pelajar

Namun demikian, wilayah Kecamatan Wanayasa, kini banyak bermunculan destinasi wisata baru. Berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya yang terfokus ke destinasi wisata di wilayah selatan Purwakarta.

“Kalau sekarang kan sudah banyak wisata baru, jadi wajar kalau jumlah wisatawan menurun dan berdampak terhadap para pedagang di sekitar Situ Wanayasa. Nah di tempat lainnya di sekitar Kecamatan Wanayasa, cukup menjanjikan,” jelasnya. (Gin)