BMKG: Akhir Pekan Ini Bandung Diprediksi Potensi Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Menjelang libur akhir pekan, tidak jarang orang melihat prakiraan cuaca untuk berjaga-jaga. Prakiraan cuaca menjadi hal yang penting agar libur akhir pekan tidak menjadi berantakan. Dengan tidak melihat prakiraan cuaca, bisa saja saat tengah liburan tiba-tiba turun hujan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan pada akhir pekan ini hingga Ahad (26/1/2020) wilayah Bandung diprediksi diguyur hujan.

Baca Juga:  Ditangkap KPK, Walkot Bandung Yana Mulyana Gagal Pimpin Pelepasan Mudik Gratis

Menurutnya hujan diprediksi akan turun secara merata di sebagian besar wilayah Bandung Raya. Berdasarkan prediksi, menurutnya sejak hari Jumat ini hujan akan mengguyur kawasan Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

“Hujan setiap hari hingga Ahad (26/1) diprediksi akan turun mulai dari pukul 13.00 WIB siang, hingga pukul 01.00 WIB dini hari,” kata Tony di Bandung, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga:  Pelaku Pencabulan Anak di Cidaun Cianjur Hanya Dituntut Tujuh Tahun

Menurutnya, prediksi tersebut didasari oleh adanya daerah tekanan rendah di Australia bagian tengah yang menarik cukup kuat massa udara dan membentuk pola konvergensi memanjang dari Laut Jawa hingga NTT bagian barat.

Kemudian, terdapat siklonik di perairan Barat Bengkulu yang menyebabkan terbentuknya pola belokan dan perlambatan kecepatan angin yang melewati wilayah Jawa Barat. Sehingga potensi suplai massa udara menurutnya masih cukup besar di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Besok, Dirjen Perikanan dan Anggota DPR Sambangi Lemahwungkuk Cirebon

Mendapati prediksi tersebut, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Hendra Hidayat mengatakan hujan yang menerus dapat meningkatkan debit air di sungai yang ada di wilayah Bandung. (Ara)