Khidmat, Perayaan Tahun Baru Imlek di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Wangi dupa, nyala lilin serta gemerlap lampu lampion dan nuansa serba merah nampak warnai malam Tahun Baru Imlek di Klenteng Shen Tee Bio atau juga dikenal Klenteng Budi Asih Purwakarta yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta, pada Jumat (24/1/2020).

Umat Konghucu di Kabupaten Purwakarta mengharapkan suasana kondusif pada perayaan tahun baru Imlek ke 2571 ini, sehingga seluruh rangkaian ibadah Imlek, baik di Klenteng maupun di komplek pemukiman warga Tionghoa bisa berlangsung khidmat.

Menurut, Charli (70) yang akarab disapa Khoh Asin, salah satu pengurus Klenteng Shen Tee Bio, pihaknya sudah mempersiapkan para jemaat untuk beribadah di Klenteng Shen Tee Bio beberapa hari kebelakang.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Perbaikan Rumah Warga

“Di Purwakarta hanya ada satu klenteng yang mengadakan perayaan Imlek dan secara aman dan kondusif. Tahun ini kami harapkan hal yang sama dengan tahun lalu. Untuk itu dukungan segenap lapisan masyarakat sangat dibutuhkan agar perayaan Imlek di Purwakarta berjalan lancar lagi seperti tahun sebelumnya,” kata Khoh Asin, saat ditemui di kelenteng Shen Tee Bio, Sabtu (26/1/2020) dini hari

Selain melaksanakan ibadah mulai Jumat (24/1/2020) malam hingga Sabtu (25/1/2020), warga Tionghoa, khususnya umat Konghucu di Kabupaten Purwakarta hanya melakukan ibadah saja.

Baca Juga:  Jadwal dan lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini

“Semoga Tahun baru ini lebih baik lagi dari Tahun sebelumnya. Sehat, semoga semua sukses, serta semua Lancar. Purwakarta makin damai, sejuk dan aman,” harapnya.

Terpisah, Uun Sumardi (69) salah seorang Jemaat kelenteng Shen Tee Bio, berharap suasana kerukunan hidup umat bergama di Purwakarta hendaknya tetap tercipta agar perayaan Imlek bisa berlangsung aman.

“Kami berharap umat bergama di Kabupaten Purwakarta tetap saling pengertian agar tercipta ketertiban seperti Imlek tahun-tahun sebelumnya. Kami mengharapkan tidak ada gangguan perayaan Imlek ke 2571 inj,” ujarnya.

Sementara pantauan di klenteng Shen Tee Bio atau klenteng Budhi asih, umat Konghucu tengah melakukan ibadah dan perayaan Imlek dengan khidmat.

Baca Juga:  Cabup Anne Prioritaskan Program Sembilan Tarekah

Selain itu, beragam buah-buahan juga sudah tersedia di masing-masing altar klenteng. Kemudian aroma kemenyan atau dupa juga sangat terasa di setiap sudut klenteng.

Sementara Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Paur Humas IPDA Tini Yutini mengatakan, pihak kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menerjunkan sekitar 142 personil anggota untuk mengamankan perayaan Imlek di Kabupaten Purwakarta.

“Pengamanan diprioritaskan di Klenteng Shen Tee Bio. Kemudian pengamanan lalu lintas di sekitar rumah ibadah dan pengamanan lingkungan melalui patroli keliling,” kata Tini. (Gin)