aqua

Sekda DKI Jakarta Sebut Monas Belum Pernah Diresmikan Presiden

Dari presiden pertama sampai sekarang belum pernah ada yang meresmikan Monas.

Foto udara proyek revitalisasi Monas. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

"Setelah hasil sayembara selesai, Monas selesai sesuai dengan hasil sayembara, gubernur sebagai ketua badan pelaksana, sangat pantas dan wajib memberikan laporan formal tertulis pada presiden, dengan kata-kata 'pak Monas saya sudah selesaikan seperti ini apakah bapak berkenan meresmikan? atau ada saran apa ya kami pasti kerjakan," ucap Saefullah.

Dihimpun dari berbagai sumber, Monumen Nasional (Monas) diketahui memang cita-cita Soekarno yang ingin membangun sebuah monumen untuk mengingatkan rakyat pada perjuangan Indonesia mencapai kemerdekaannya. Walau awalnya dipendam, akhirnya pada 1954, mulai dilakukan upaya realisasi.

Baca Juga:

Terkait Ledakan di Monas, Kapolda Metro dan Pangdam Agendakan Konpers

Polisi Olah TKP Ledakan di Monas



Di tahun tersebut, Soekarno melontarkan ide dan membentuk panitia yang lalu setahun kemudian menggelar sayembara desain monumen. Sebanyak 51 gambar usulan rencana desain masuk, namun tidak ada yang dinyatakan sebagai pemenang pertama. Yang ada hanya pemenang kedua, yakni karya arsitek F Silaban.

Kurang puas, pada 1960, panitia kembali menggelar sayembara. Kali ini sebanyak 136 karya usulan desain masuk. Namun meski pilihannya sudah naik 150 persen dari sebelumnya, Presiden Soekarno ternyata masih belum menemukan desain yang cocok, bahkan pada tahun itu hanya menghasilkan pemenang ke-3.

Akhirnya, Soekarno berinisiatif mengajak arsitek dan insinyur-insinyur terkemuka Indonesia saat itu, F Silaban, Soedarsono dan Rooseno berdiskusi. Dia memaparkan bentuk lingga dan yoni, yang merupakan perlambang khas kebudayaan Indonesia, sebagai bentuk dasar monumen berikut dengan patung-patung di sekitarnya yang menunjang fungsi dan tujuan dari Monas nantinya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Monumen Nasional Monas Pemprov DKI Jakarta Sekda DKI Jakarta Pembangunan Monas Patung Banteng Peresmian Monas Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Terjadi Ledakan di Monas

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi