Hujan Deras, Satu Rumah Warga Garut Roboh

JABARNEWS | GARUT – Akibat diguyur hujan deras yang berlangsung lama melanda wilayah selatan Garut, menyebabkan satu rumah warga di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tiba-tiba roboh, Jumat (24/2/2020).

“Satu rumah runtuh diakibatkan hujan deras,” kata Camat Talegong Caca Rifai melalui siaran pers di Garut, Sabtu (25/1/2020).

Ia menuturkan rumah panggung milik keluarga Nurani (39) di Kampung Genteng, Desa Sukalaksana, Kecamatan Talegong, Garut itu roboh pada Jumat sekitar pukul 15.30 WIB.

Baca Juga:  Komisi IV DPRD Kab. Bekasi Dorong Semua Puskesmas Miliki Ruang Rawat Inap

Menurut dia, rumah tersebut roboh karena kondisi bangunannya sudah rapuh sehingga tidak mampu menahan terjangan hujan deras yang terjadi saat itu.

“Selain akibat hujan deras, material bangunannya juga sudah mengalami keropos, beruntung tidak ada korban jiwa,” kata Caca.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Alokasikan Dana Rp 15 Miliar Untuk Stabilkan Harga Bapok pada Ramadan

Ia menyampaikan, petugas pemerintahan sudah terjun ke lokasi untuk melakukan penanggulangan, dan tercatat besaran kerugian materi diperkirakan Rp20 jutaaan.

Selama proses perbaikan rumah, kata dia, para penghuninya sementara mengungsi ke rumah kerabatnya yang masih satu kampung.

“Kerugian materi kurang lebih sekitar Rp20 juta, tidak ada korban jiwa, untuk sementara diungsikan kepada kerabat tetangganya yang lebih aman,” katanya.

Baca Juga:  Pantai Cemara Cianjur Ditutup Sementara, Belasan Pedagan Positif Covid-19

Sementara itu, berdasarkan laporan dari media center Diskominfo Kabupaten Garut, hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Garut telah menyebabkan bencana tanah longsor di Kecamatan Cisewu dan Cikajang, Jumat (24/1/2020).

Longsoran tanah itu menyebabkan badan jalan tertutup hingga harus mendatangkan kendaraan alat berat untuk menyingkirkan material longsor agar kendaraan bisa melalui jalan itu. (Ara)