bjb

Candi Borobudur Ternyata Dibangun Di Tengah Danau

Ilustrasi- Candi Borobudur. (Foto: instagram.com/yosafatyk)

JABARNEWS | BANDUNG - Bangunan raksasa itu jelas sengaja didirikan untuk melukiskan bunga teratai sebagai penghormatan terhadap Budha Maitreya. Borobudur ialah bangunan bunga teratai raksasa dari jutaan kubik batu andesit yang saat itu sengaja didirikan menyembul di tengah sebuah danau yang kini telah mengering. Konon, dahulu candi ini dicat berwarna putih dengan semen kuno.

Adalah WOJ Nieuwenkamp (1874 – 1950), seorang etnolog Belanda, pelukis dan arsitektur yang menekuni bangunan bergaya Hindu dan Budha. Pada 1931, ia menerbitkan penelitiannya, Fiet Borobudur Meer (Danau Borobudur). Nieuwenkamp berpendapat, dahulu di sekitar Candi Borobudur terdapat danau kuno.



Bangunan megastruktur yang didirikan di atas puncak sebuah bukit pada abad ke-8 itu, menurut Nieuwenkamp, bagaikan bunga teratai yang mekar di tengah-tengah danau, namun kini danau itu telah mengering.

Nieuwenkamp beranggapan, desain arsitektur Candi Borobudur pada dasarnya merupakan representasi dari bentuk bunga padma (lotus), simbol kesucian dalam Budhisme. Desain bangunan ini diibaratkan Nieuwenkamp menyerupai ceplok bunga teratai, dengan daun dan bunganya mengelilingi bakal buah yang terletak di tengah-tengah kolam.
Halaman selanjutnya
Tags : Candi Borobudur Bunga Teratai Teratai Raksasa WOJ Nieuwenkamp Danau Kuno Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi