Cegah Warga Tersetrum, PLN Padamkan Aliran Listrik di Dayeuhkolot

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) memadamkan listrik saat banjir terjadi. Hal itu dilakukan supaya warga yang terkena banjir tidak tersengat listrik.

Sebagaimana diketahui, hujan yang mengguyur sejak Kamis (23/1/2020) membuat 5 (lima) kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengalami banjir. Akhirnya wilayah kebanjiran harus dipadamkan aliran listriknya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin mengatakan, aliran listrik di wilayah banjir yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) dipadamkan terkait semakin meningginya air di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Nekat Mudik Dini Hari, 15 Kendaraan Diputarbalikan di Pos Penyekatan Kadipaten

“Aliran listrik sudah dipadamkan untuk wilayah Kecamatan Dayeuhkolot ya. Itu yang dipadamkan adalah rumah warga yang terendam banjir. Ini dilakukan demi faktor keselamatan,” kata Enjang. Minggu (26/1/2020).

Enjang mengatakan pemadam aliran listrik di rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Dayeuhkolot dilakukan sejak Sabtu (25/1) malam.

“Dipadamkan sejak kemarin malam dan sampai sekarang masih dipadamkan,” kata dia.

Baca Juga:  Pakar: Jika Genangan Banjir di Bandung Lebih Delapan Jam, Penanganan Masih Kurang

Sementara itu, Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan kerugian materi akibat banjir di Kabupaten Bandung juga bertambah, yakni menjadi 7.638 rumah terendam, 13 sekolah terendam dan 32 tempat ibadah terendam.

Saat ini, warga terdampak mengungsi ke tempat yang lebih aman, yaitu di Kecamatan Dayeuhkolot. Jumlah pengungsi di kantor kecamatan setempat sebanyak 113 KK (kepala keluarga) atau 364 jiwa.

Baca Juga:  Pom Mini di Cipinang Bogor Terbakar, Begini Kronologinya

Selanjutnya, warga di Kecamatan Baleendah mengungsi ke sejumlah tempat, seperti shelter dan Gedung Inkanas Baleendah dengan jumlah pengungsi 95 KK atau 331 jiwa.

Sementara, menurut keterangan PLN, ada beberapa alasan listrik dipadamkan saat banjir. Pertama, untuk keamanan dan keselamatan masyarakat.

Kedua, keamanan dan keselamatan personil PLN. Ketiga, keamanan peralatan instalasi listrik masyarakat dan PLN. (Ara)