Melirik Budidaya Iguana yang Menjanjikan di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dari kegemarannya memelihara Iguana, Husen Tri Putra (24), warga asal Kampung Mulyasari, Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta kini bisa meraup untung jutaan rupiah dalam setiap bulan.

Husen membeli seekor anak Iguana Husen lewat Media Sosial Facebook yang dari Surabaya seharga Rp 400 ribu rupiah. Selang beberapa bulan, Iguana yang dipelihara tumbuh besar dan dijual seharga Rp 600 ribu rupiah kepada teman sesama pecinta reptil.

Nilai jual Iguana yang cukup tinggi, membuat otak bisnisnya jalan. Ia mulai berpikir untuk beternak sendiri Iguana di pekarangan rumahnya. Dari tahun 2018 di sangkar berukuran 2×1 meter itu, Husen sudah berhasil mengembangbiakan 100 ekor Iguana.

“Awalnya dari hobi. Saya dapat Iguana dari beli ke peternak iguana dari Surabaya pelihara sampai besar, kemudian ada yang minat, saya jual 600 ribu rupiah. Akhirnya saya kepikiran untuk ternak iguana,” ungkapnya saat di temui di rumahnya, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga:  Hujan Petir Diprediksi Guyur Purwakarta Hari Ini

Awal mula mengembangkan usaha ternak Iguana, tidak berjalan mulus. Kendati telur-telur Iguana sering gagal menetas, semangat Husen untuk belajar menjadi peternak Iguana tak pernah pudar.

“Awalnya hanya 8 telur yang menetas dari 34 telor, karena indukannya masih baru pertama kali bertelur,” jelas pria yang tergabung dalam komunitas pencinta Iguana Purwakarta.

Belajar dari peternak asal Cirebon dan Bogor serta beragam referensi media internet, buku dan pengalaman pecinta Iguana, Husen terus mengulik cara pengembangbiakan Iguana.

Baca Juga:  Gimana Ini? Atlet PON Jabar di Kota Bandung Belum dapat Kadeudeuh

Berbulan-bulan ia menekuni cara beternak Iguana. Ia pun akhirnya berhasil mengembangbiakan Iguana dari proses kawin, pembuahan, bertelur hingga menetas.

“Awalnya sulit sekali cara agar telur Iguana menetas. Pertama kali, telur-telur Iguana hanya menetas 8 telor saja. Sekarang 99 persen menetas semua,” imbuhnya.

Proses yang paling sulit adalah menentukan suhu penangkaran telur dalam inkubator. Jika suhu terlalu rendah atau tinggi, bisa-bisa telur gagal menetas. Dalam inkubator berukuran 1×0,6 dengan kapasitas telur 500 telur.

Proses penetasan telur, memakan waktu hingga 78 hari. Di dalam kandungan selama dua bulan setengah.

Harga Iguana yang ia tawarkan bervariasi. Dari mulai Rp 400 ribu hingga juta rupiah, tergantung ukuran dan keunikan Iguana. Jenis Iguana yang dia koleksi yaitu, Iguana biru, hijau dan merah. Setahun, Husen bisa menjual 35 ekor Iguana.

Baca Juga:  Membedah Buku Pergolakan Tanam Paksa dan Berdirinya Purwakarta 1830-1832

Selama ini, Husen memasarkan koleksi puluhan ekor Iguana melalui media sosial dan Pasar hewan ataupun lewat komunitas. Dari jejaring melalui facebook, tawaran dari berbagai daerah di luar Jawa dan berbagi daerah di Jawa barat terus mengalir.

“Selama ini saya pasarkan lewat Fecebook, temen-temen terdekat ataupun di tempat-tempat keramaian. Pasaran Iguana sedang terbilang tinggi, karena salah satu hewan asli dari Benua Amerika. Biasanya para pembeli dari komunitas pecinta reptil ataupun masyarakat yang mulai mencintai iguana. Saya kirim melalui jasa ekspedisi dengan di kemas dengan aman, hingga sampai ke pembeli dengan selamat,” terangnya. (Gin)