Tips Peliharaan Iguana Ala Pecinta Reptil Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat ini, hewan peliharaan tidak hanya seputar anjing dan kucing, reptil juga sudah memiliki penggemar sendiri, salah satunya adalah iguana.

Sebagian orang mengangap Iguana adalah hewan yang menakutkan. Namun, ada juga yang menjadikan hewan jenis reptil ini sebagai binatang peliharaan.

Iguana adalah salah satu hewan reptil paling populer yang dijadikan peliharaan di rumah. Faktanya, cara memelihara iguana terasa gampang-gampang susah.

Hal tersebut diungkapkan salah satu pencinta Iguana asal Purwakarta Husen Tri Putra (24).

Husen menambahkan, walaupun memeliharanya terasa mudah, namun kita harus mengetehui tips memelihara Iguana agar hewan tersebut bisa bertahan dan hidup lama.

“Untuk merawat iguana, harus memperhatikan beberapa hal agar iguana bisa berumur panjang, sebab banyak iguana yang cepat mati karena perawatan yang kurang baik. Sebab perawatan reptil ini membutuhkan waktu yang cukup intens, jadi memerlukan komitmen yang cukup serius agar hewan ini panjang umur,” Kata Husen saat ditemui di kediamannya di Kampung Mulyasari, Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Senin (27/1/2020).

Baca Juga:  Daop 2 Bandung Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Mengatasnamakan Progam KAI

Menurut Husen, memelihara hewan Iguana ada kepuasan tersendiri yang di dapat. Selain keunikan anatomi dan tampilanya iguana pun masuk katagori reptil exotic asal dari Benua Amerika itu.

Dijelaskannya, Kebutuhan kandang dan jadwal makan yang ketat adalah salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan ketika hendak memelihara hewan yang satu ini.

“Iguana itu bisa bertahan tanpa makan disebabkan pencernaannya yang lama. Meski begitu, kita tetap wajib memeberikan Iguana makan setiap hari demi menjaga kesehatannya. Bagusnya sih dalam seminggu itu, ada satu hari Iguana tidak dikasih makan. Hal itu dilakukan supaya iguana tidak kelebihan asupan makanan, jadi ada waktu jeda untuk mencerna makanan sebelumnya,” jelas Pria yang juga tergabung dalam komunitas pencinta Iguana Purwakarta.

Husen menjelaskan, yang pertama kali diperhatikan adalah kebersihan kandannya.

“Kebersihan kandang merupakan dasar pemeliharaan Iguana yang paling penting. Kurangnya menjaga kebersihan kandang, bisa menyebabkan penyakit seperti jamur hingga kematian,” imbuhnya.

Baca Juga:  Rugikan Negara Capai Rp8 Miliar, Polda Jabar Berhasil Ringkus Sindikat Oplosan Elpiji Subsidi

Menurutnya, membersihkan kandang iguana cukup mudah yang dilakukan cukup membersihkan sisa-sisa pakan dan kotoran iguana dengan cara disemprot air saja.

Untuk soal makanan iguana terbilang mudah, lanjut dia, iguana cukup diberikan sesayuran berwarna hijau dan segar. contohnya seperti kangkung, dan sosin.

“Namun jangan berikan bayam pada iguana, karna kandungan dalam bayam ini ada zat yang bisa mengikat senyawa kalsium sehingga kalsium tidak bisa di cerna secara maksimal oleh tubuh iguana dan menimbulkan penyakit bladder stone. Selain sayuran tanaman di sekitar rumah seperti daun katuk, daun kelor, daun arbei/murbei, bunga sepatu bisa di pergunakan sebagai makanan iguana,” jelasnya.

Lalu ada pemberian air minum untuk Iguana. Husen menuturkan, pemberian minum bisa diberikan apabila Iguana membutuhkannya.

“Jika hewan Iguana mengalami dehidrasi bisa fatal akibatnya. Bisa mengakibatkan kematian apabila dehidrasinya parah. Maka perlu meyediakan air secukupnya di dalam kandang iguana tersebut,” ujar Husen.

Selain itu, tambah dia, buatlah iguana selalu mendapatkan suplai cahaya yang baik, terutama sinar matahari.

Baca Juga:  Kejar Capaian BIAN, Atalia Praratya Targetkan 1.000 Anak Diimunisasi dalam Satu Hari

“Sebab tanpa suplai cahaya akan membuat iguana kekurangan vitamin D, tidak dapat menyerap kalsium dan masalah kesehatan lainnya. Maka dari itu menjemur iguana secara rutin harus dilakukan agar Iguana tetap sehat,” ungkapnya.

Menurutnya, kandang yang luas harus di sediakan, karena semakin luas kandang maka semakin baik bagi pertumbuhan iguana.

“Untuk Iguana cepat tumbuh kandang yang luas harus diberikan, misalnya, jika ukuran iguana 1 meter maka kadannya minimal 2 meter. Ya minimal dua kali beser tumbuhnya,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Husen, sediakan tempat dan sarana untuk memanjat, karena iguana tinggal di pepohonan jika berada di alam dan memiliki kebiasaan memanjat pohon.

“Buatlah kandang iguana cukup besar atau siapkan kamar khusus untuk menghadirkan suaka yang nyaman dan aman untuk iguana itu,” jelasnya.

Semoga beberapa tips ini berguna bagi anda yang ingin memulai memelihara Iguana.

Dan perlu anda ketahui, hewan Iguana butuh ketenangan jika ingin memeliharanya. (Gin)