Bupati Ciamis Edukasikan Pelestarian Lingkungan Hidup ke Pelajar

JABARNEWS | CIAMIS – Puluhan pelajar tingkat TK, SD, SMP, dan SMA mengikuti proses penanaman ratusan Pohon Aren di kaki Gunung Sawal, tepatnya di blok Cisepet, Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Senin (27/01/2020).

Penanaman pohon aren yang dilakukan oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya dan Forum Komunikasi Kepedulian Untuk Gunung Sawal (Fokkus) dan Pemerintah Desa Sukawening tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi secara langsung terkait pelestarian lingkungan hidup terhadap generasi muda.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan sebagai sumber ekosistem air di Tatar Galuh Ciamis, Gunung Sawal harus kita pelihara dengan baik serta fokus memperhatikan lingkungan tanaman di Gunung Sawal.

Baca Juga:  Caleg Asal Pasang APK, Bawaslu Ciamis Bakal Sweeping

“Ciamis merupakan salah satu daerah rawan bencana di Jawa Barat, oleh karena itu pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak menebang pohon lindung atau pun membuang sampah sembarangan, karena dapat memicu banjir,” ujar Herdiat, Senin (27/1/2020).

Herdiat mengajak pada masyarakat khususnya generasi muda maupun pelajar untuk sama-sama peduli terhadap lingkungan terutama Gunung Sawal yang merupakan sumber mata air bagi kehidupan.

“Oleh sebab itu kedepan, Gunung Sawal akan dijadikan Hutan Konservasi, bukan berarti tidak bisa diolah tapi akan dibentuk zonasi wilayah terkait mana Hutan untuk Produksi dan Hutan lindung, supaya dapat bermamfaat bagi generasi kita mendatang,” tuturnya.

Baca Juga:  The Jak Siap Bantu Polisi Ungkap Pengeroyokan Anggotanya

Sementara Ketua Fokkus, Oyon Rusyana mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bukti kesadaran kita terhadap lingkungan dan sinergitas antara pemerintah maupun masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” katanya.

“Sebagai bukti rasa cinta terhadap lingkungan alam Gunung Sawal, kita telah menanam 300 Pohon Aren, dan menurut Studi Pertanian, satu Pohon Aren Dewasa dapat menyimpan air sebanyak 150-200 liter, oleh sebab itu penanaman Pohon tersebut sangat cocok ditanam di pegunungan,” tuturnya.

Baca Juga:  Unnes Anugerahkan Gelar Doktor Kehormatan kepada Habib Lutfi

Menurutnya, penanaman Pohon Aren di kaki Gunung Sawal tersebut akan di fokuskan di tiga titik, yakni di kaki Gunung Sawal yang berada di Desa Sukawening, Desa Jalantrang dan Desa Cihaurbeti.

Oyon mengaku, bahwa Fokkus akan menyiapkan penanaman Pohon Aren di 32 titik lokasi kaki Gunung Sawal, untuk mempersiapkan penanaman tersebut kita harus mempunyai 18 ribu bibit Pohon Aren, sedangkan untuk kebutuhan 1 titik memerlukan 1000 bibit, oleh sebab itu kita masih banyak kekurangan bibit Pohon Aren. Namun demikian Fokkus akan menanam Pohon tersebut secara bertahap. (Tny)