RSUD Soekardjo Tasikmalaya Sediakan Ruang Isolasi Khusus Penderita Corona

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Meski hingga saat ini belum ada laporan adanya warga yang terduga terserang virus corona, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasikmalaya menyiapkan langkah antisipasi dengan menyediakan ruang isolasi untuk melakukan penanganan terhadap pasien virus corona di wilayah itu.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr Soekardjo, Budi Tirmadi mengatakan, dalam melakukan penanganan, ia juga telah menyiapkan fasilitas keamanan untuk para petugas perawatan.

Baca Juga:  BKPSDM Umumkan 14 Nama Calon Sekda Bogor

“Agar petugas tidak tertular. Selain masker, petugas juga harus pakai kacamata, tutup kepala, baju, sepatu, dan sarung tangan sekali pakai,” kata dia, Selasa (28/1/2020).

Budi menambahkan, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk melakukan penanganan pasien terduga corona. Kendati demikian, ia menyebut, hingga saat ini RSUD belum menerima laporan adanya pasien terduga terkena virus corona.

Baca Juga:  Prajurit TNI Akrab dengan Pelajar di Lokasi TMMD

“Laporan dari IGD maupun rawat jalan, atau dari puskesmas atau dinkes di kota/kabupaten, belum ada,” kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan dinas kesehatan, baik di Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya. Langkah yang akan diupayakan, salah satunya adalah mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca Juga:  15 Kelurahan di Tasikmalaya Dilintasi Proyek Tol Getaci, Berikut Daftarnya

“Langkah pencegahan lebih baik daripada pengobatan,” paparnya.

Ruang isolasi itu disiapkan agar pihaknya dapat dengan cepat melakukan penanganan apabila ada pasien terduga atau suspect terkena virus corona. Ruang isolasi itu berada terpisah dari ruangan lain. (Red)