Gunakan Dana Desa, Pemdes Sei Buluh Bangun Rutilahu

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Sebagai salah satu cara meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya, Pemerintah Desa Sei Buluh membangun rumah tidak layak huni (rutilahu) di Dusun Pematang Pasir, Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kepala Desa Sei Buluh, Sabandi mengatakan, gubuk yang dihuni Sabrik (59) mulai dibangun dengan menggunakan dana desa sebesar Rp.10 juta ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Camat Teluk Mengkudu Romian Siagian pembangunan bedah rumah milik Sabrik, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga:  Kemarin, Sampah di TPS Kota Bandung Masih Menumpuk, Pengawas Beri Alasan Begini

“Dengan bersamaan dan gotong royong secara bersama akan terbantu dalam pembenahan rumah tidak layak huni,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Teluk Mengkudu Romian Siagian mengatakan, dengan kebersamaan dan gotong royong akan terwujud membangun rumah warga kurang mampu. Salahsatunya merehab rumah tidak layak huni milik Sabrik.

Baca Juga:  Tak Lihat Kanan Kiri, Seorang Bocah di Pangandaran Tewas Tertabrak Mobil saat Menyebrang Jalan

“Saat melakukan peninjauan melihat adanya warga Sei Buluh tinggal digubuk Reok sehingga mengambil langkah dengan melakukan perbaikan,” katanya.

Ia menjelaskan pembangunan rumah tidak layak huni milik Sabri menggunakan dana desa dengan anggaran Rp 10 jutav dengan ukuran 4,5 meter kali 6 meter.

Baca Juga:  Bus Seruduk Warung, 1 Tewas

“Biaya bedah rumah dari dana desa,” ujarnya.

Pemilik rumah Sabrin mengatakan, sudah puluhan tahun tinggal di rumah tersebut seorang diri. Dirinya mengaku tidak mempunyai pekerjaan tetap untuk membangun rumah.

“Kerja serabutan untuk makan aja sulit bagaimana bangun rumah,” ujarnya. (CR3)