Ini Pesan Presiden Jokowi Soal Merebaknya Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Selama sepekan terakhir, virus corona telah membuat geger warga dunia. Sebab, selain dapat menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga telah menyebabkan kematian pada banyak orang di beberapa negara dunia, utamanya di China.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga:  Aliansi Masyarakat Sebut Pemkab Cianjur Gagal Tangani Bencana!

Melalui akun Twitter pribadinya @jokowi, menyebut beberapa negara di kawasan Asia Tenggara telah mengonfirmasi masuknya virus corona. Namun, sejauh ini belum dapat terindikasi menyebarnya virus tersebut di Indonesia

“Sejumlah WNI masih berada di Wuhan, kota di Tiongkok yang sedang diisolasi karena wabah virus korona. KBRI Beijing terus menjalin kontak dengan mereka serta berupaya mengirimkan bantuan kebutuhan logistik. Mudah-mudahan, pengiriman bantuan tersebut dapat berjalan dengan baik,” kata Jokowi, dalam unggahannya.

Baca Juga:  Tiga Kecamatan di Cianjur Ini Rawan Terjadi Banjir dan Longsor, BPBD Minta Warga Waspada!

Meski demikian, hal tersebut tidak menjadikan pemerintah abai. Jokowi mengaku telah menginstruksikan kepada Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto untuk mengantisipasi penyebaran wabah tersebut.

“Sebagai langkah preventif, pemerintah telah memperketat pengawasan di bandara untuk mendeteksi dan memantau penumpang yang datang, terutama dari negara yang diperkirakan telah mengonfirmasi kehadiran virus baru ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Datangi Guru Korban Penyiraman Air Keras di Karawang, Ceritanya Bikin Ngilu

“Sebanyak 135 thermo scanner telah diaktifkan di 135 pintu masuk negara baik darat, laut, maupun udara,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menyiapkan 100 rumah sakit rujukan dengan fasilitas ruang isolasi terhadap pasien dengan gejala penyakit paru-paru dan saluran pernapasan lain. (Red)