HIPMI Ciamis Salurkan Bantuan Stimulan Kepada Kelompok Pemuda

JABARNEWS | CIAMIS – Launching program kampung pengusaha muda dan temu bisnis, HIPMI Kabupaten Ciamis, Jawa Barat salurkan bantuan dana stimulan kepada empat kelompok pemuda di Ciamis, Selasa (28/1/2020).

Ketua HIPMI Kabupaten Ciamis, Nur Muttaqin menyebut dana stimulan sebesar Rp.1 Juta tersebut bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan yang tergabung di HIPMI.

“Bantuan stimulan tersebut bertujuan untuk mendorong kelompok pemuda dalam mengembangkan usahanya, sehingga kedepan akan muncul dan lahir kampung pengusaha muda di tiap desa,” ujarnya usai kegiatan launching program kampung pengusaha muda dan temu bisnis, di salah satu Hotel di Ciamis, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga:  Model Novi Amelia Dimakamkan di TPU Kelurahan Padang Merbau, Tebing Tinggi

Nur Muttaqin mengatakan bahwa munculnya kampung pengusaha muda di tiap desa turut membantu beban pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Ciamis.

“HIPMI secara prioritas akan membina kelompok pemuda untuk mengembangkan usahanya secara luas, seperti beberapa prodak handy craft maupun skala usaha lainnya,” ungkapnya.

Nur Mutaqqin menargetkan satu desa satu kampung pengusaha muda, sehingga dengan adanya program HIPMI tersebut mudah-mudahan dapat bersinergi dengan stakeholder di Kabupaten Ciamis.

“Selain memberikan bantuan stimulan, seperti pemberdayaan kapasitas sdm pun kita akan bantu,” tuturnya.

Baca Juga:  Di NTT, Presiden Jokowi Bagi-bagi Sepeda: Siapa yang Hafal Pancasila?

Nur muttaqin mengaku bahwa dengan adanya persaingan pasar China dan Amerika, hampir sektor usaha di Indonesia mengalami kendala, tapi kalau bermain di bawah dengan memamfaatkan potensi lokal, saya yakin itu tidak banyak pengaruh dengan persaingan global hari ini.

“Sebetulnya jika dilihat dari konteks potensi di Kabupaten Ciamis memang sangat banyak, selama ada kemauan dari teman-teman pemuda, apapun dapat menjadi peluang usaha. Oleh sebab itu, para pemuda harus pandai memamfaatkan potensi yang ada di daerahnya, mulai dari sektor pertanian, perikanan maupun sektor lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya sangat mengapresiasi dengan hadirnya HIPMI Kabupaten Ciamis para pengusaha muda yang mempunyai semangat tinggi tersebut dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk mengembangkan potensi laju pertumbuhan ekonomi di Ciamis lebih meningkat.

Baca Juga:  Resmikan Tiga Proyek di Cianjur, Ridwan Kamil Bilang Begini

“Oleh sebab itu menurutnya, para pengusaha muda harus mampu menggali potensi yang ada, karena masih banyak potensi di Kabupaten Ciamis yang belum tergali.

Herdiat mengaku Kabupaten Ciamis memiliki banyak potensi, baik potensi di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, harus lebih dikembangkan dan dioptimalkan, oleh sebab itu para pemuda maupun pemudi harus dapat memamfaatkan peluang tersebut. (CR1)