Emil Pastikan Dua Pasien RSHS Bandung Negatif Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa hari lalu warga Jawa Barat digemparkan isu dua pasien dicurigai terjangkit virus Corona yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Atas kejadian tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan kedua pasien tersebut negatif terinfeksi virus corona.

“Per-hari ini info yang saya dapat Jawa Barat aman. Dua orang yang tersuspect di RSHS itu penyakit yang non Corona,” kata Emil sapaan akrabnya di Hotel Savoy, Jalan Asia Afrika No 112, Kita Bandung, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga:  Ini Daftar Nama yang Memperebutkan Jabatan Kadis di Purwakarta

Dia menyebut, kedua pasien tersebut hanya sakit biasa, seperti batuk biasa, dan demam biasa. Karena suasananya semua serba mirip-mirip (virus Corona), tentulah pihaknya mengimbau harus waspada.

“Jadi saya katakan aman, tapi kita harus tetap waspada,” jelasnya.

Baca Juga:  Datangi Lokasi Longsor di Garut, Ono Surono Dorong Pemda Miliki Intensitas Mitigasi Bencana

Emil menjelaskan, semua pintu masuk (Bandara, pelabuhan) ke Jawa Barat sudah ditugaskan untuk mengecek setiap pintu masuk bandara, minimal dengan pengecekan suhu.

“Kita ada termometer yang ditembak pake laser itu, untuk memastikan minimal dari itu. Kemudian koordinasi antara Puskesmas, Rumah Sakit, dan RSHS sudah kita kondisikan. Jadi kalau ada apa-apa isolasinya di RSHS yang paling punya kesiapan,” ucapnya.

Baca Juga:  BPJamsostek Purwakarta Silaturahmi dengan Insan Media

Terkait pengawasan tenaga asing, Emil menganggap tidak harus secara spesifik, yang penting semuanya harus rasionalitas.

“Maaf kalau menyamaratakan semua yang datang dari Cina itu, kasihan juga tidak adil. Pointnya adalah kita waspada kalau ada siapapun yang punya gejala-gejala mirip Corona ya kita waspadai,” pungkasnya. (Rnu)