Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah Kemenpora Akan Dituntaskan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jajaran Sat Reskrim Polres Purwakarta masih terus mendalami dugaan korupsi dana hibah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tahun anggaran 2017 bernilai ratusan juta rupiah, yang dikucurkan untuk delapan desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Hingga saat ini, setidaknya sudah puluhan perangkat desa, yang terdiri dari 8 kepala desa (Kades), 8 sekretaris desa (Sekdes), hingga 8 bendahara desa di Kabupaten Purwakarta, yang menerima dana hibah Kemenpora tersebut untuk diminta keterangan.

Baca Juga:  Ingat! Pelanggar Prokes di Garut Akan Kembali Disanksi

“Sudah 24 orang yang kita mintai keterangan dari 8 desa yang menerima dana tersebut, mulai dari kades, sekdes hingga bendahara desanya,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kasat Reskrim, AKP Handreas Ardian, Selasa (28/1/2020).

Kasat menjelaskan, adapun aparat desa yang sudah dipanggil untuk dimintai keterangan tersebut berasal dari Desa Campakasari, Cirende dan Desa Benteng Kecamatan Campaka.

Baca Juga:  Tolak Nyerah Pada Pandemi, JAPFA For Kids Awards Digelar Secara Virtual

Lalu Desa Sindangpanon, Bojong Barat dan Bojong Timur Kecamatan Bojong. Kemudian Desa Nangewer Kecamatan Darangdan serta Desa Sawah Kulon Kecamatan Pasawahan.

Selain itu, pihaknya juga berencana akan memanggil dua orang lainnya sebagai penyedia kegiatan (kontraktor) berinisial YT dan ER, yang sebelumnya sudah dipanggil namun berhalangan hadir karena berada di luar kota.

“Sebelum YT dan ER ini sudah pernah kita panggil untuk dimintai keterangan, namun berhalangan hadir. Secepatnya pemanggilan kedua akan kita lakukan kepada dua orang tersebut,” ujar Kasat.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Akan Gelar Jalan Santai Berhadiah Umroh

Seperti diketahui, dana hibah Kemenpora di tahun 2017 tersebut digunakan untuk pengadaan sejumlah sarana olahraga diantaranya Lapangan Sepakbola, Futsal, dan Volly ball.

Dimana, ditenggarai terjadinya penyimpangan pada program Kemenpora itu, di delapan desa di wilayah Kabupaten Purwakarta. (Zal)