Pemkab Bogor Mulai Berbenah Hadapi Pelaksanaan Piala Dunia U-20

JABARNEWS | BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor, tengah bersiap diri setelah Stadion Pakansari terpilih menjadi venue Piala Dunia U-20 dai ke enam stadion yang ditunjuk menyelenggarakan pesta sepakbola akbar antar benua tersebut.

Salah satu syarat yang diajukan FIFA terkait 6 stadion yang akan terpilih nantinya adalah adanya tempat latihan berjumlah lima lapangan dengan kualitas rumput yang sama dengan rumput di stadion utama.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan mengungkapkan tengah menyiapkan lima stadion pendamping sebagai tempat latihan tim-tim yang bertanding nanti. Sejauh ini baru ada dua lapangan yang terdekat dengan Stadion Pakansari.

Baca Juga:  PKS Kerucutkan Bakal Calon Wali Kota Depok

“Untuk latihan yang terdekat stadion luar Pakansari dan Stadion Mini. Untuk tambahan tempat latihan lainnya masih kita cari,” ungkap Bambang.

Namun ada dua tempat lagi yang akan dimajukan, yakni lapangan milik Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP) di Hambalang, Sentul dan Stadion Padjadjaran yang ada di Kota Bogor.

Stadion PMPP Hambalang selama ini telah digunakan sebagai salah satu tempat latihan klub Persikabo dalam menyiapkan diri untuk musim Liga 1 2020. Sedangkan Stadion Padjadjaran telah direnovasi dan menjadi tempat latihan tim sepak bola yang tampil di Asian Games 2018 lalu.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Pencapaian Pembangunan Pemprov Jabar Raih 'A'

Terpisah Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachiem mengatakan PSSI telah berkomunikasi dengan Pemkot Bogor untuk menjadikan Stadion Padjajaran sebagai salah satu tempat latihan gelaran Piala Dunia U-20 mendatang.

“PSSI sudah minta juga melalui Ratu Tisha Sekjen PSSI,” kata Dedie.

Menurut Dedie, untuk Stadion Pajajaran Bogor, Pemkot sudah mengajukan bantuan pusat untuk revitalisasi stadion dan kawasan GOR melalui Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar pada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak tahun lalu.

“Saat ini sedang menunggu jawaban Pusat terkait nilai yang akan dibantu Pemerintah Pusat,” kata Dedie.

Baca Juga:  TPD AMIN Jabar Hormati Hasil Quick Count, Haru Suandharu: Kita Masih...

Seperti diketahui, dengan ditetapkannya enam stadion utama sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U-20, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung. Sesuai syarat dari FIFA, mesti disediakan pula total 30 lapangan latihan karena setiap satu stadion utama harus didukung dengan lima lapangan latihan di sekitarnya.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, FIFA telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Di proses bidding sendiri, Indonesia mengalahkan Brasil dan Peru yang juga sama-sama mengajukan diri. (Red)