Live Stream Bandung 132 TV


Emil Sebut Terowongan Nanjung Upaya Besar Pemerintah Atasi Banjir

Terowongan Nanjung juga untuk membenahi DAS Citarum

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menunjukan terowongan Nanjung (Foto: sda.pu.go.id)

JABARNEWS | BANDUNG - Untuk menuntaskan masalah banjir di sebagian wilayah Kabupaten Bandung, pembangunan terowongan Nanjung di Curug Jompong akhirnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Terowongan Nanjung terletak di Desa Lagadar Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan dulu jumlah warga terdampak atau yang mengungsi akibat banjir yang menerjang Kabupaten Bandung ialah sekitar 159 ribu warga dan sekarang turun menjadi 70 ribu sekian.

Baca Juga:

DPRD Jabar Minta Pemprov Segera Percepat Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19

Penyaluran 10 Ribu Paket Bansos di Jabar Dikerjasamakan dengan Ormas



"Biasanya air yang terdampak banjir itu sekitar 490 km persegi tahun ini menjadi 80 km persegi. Artinya banjir betul masih ada. Tapi pengurangannya sangat signifikan. Zonasinya berkurang sekali dari 490 jadi 80 km persegi," kata Gubernur Emil demikian sapaan akrabnya.

Selain itu, orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengatakan pembangunan Terowongan Nanjung merupakan salah satu upaya besar pemerintah untuk membenahi Sungai Citarum dan mengatasi masalah banjir di Cekungan Bandung.

"Saya sampaikan bahwa Terowongan Curug Jompong baru seperempat kekuatan dalam mengatasi banjir. Dan tiga perempatnya masih dalam proses seperti yakni sodetan Sungai Cisangkuy, yang biasa mensuplai banjir itu kalau Oktober 2020 selesai maka itu akan membelokkan aliran ke Dayeuhkolot hingga 95 persen," kata Emil.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Terowongan Nanjung Curug Jompong Presiden Joko Widodo Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Menteri PUPR DAS Citarum Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi