DPRD Jabar Dukung Pemekaran Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong pemerintah daerah melakukan pemekaran pemerintah desa guna mempercepat pembangunan daerah agar lebih dirasakan langsung oleh masyarakat desa.

Ahab Sihabudin sebagai anggota Komisi I DPRD Jabar salah satunya membidangi pemerintahan mendukung apabila pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten melakukan pemekaran desa.

Baca Juga:  Bersama Tokoh Agama, Polsek Purwakarta Kota Lawan Covid-19

“Adanya pemekaran pemerintah desa itu bisa mempercepat pembangunan,” kata Ahab, Rabu, (29/01/2020).

Menurut dia, alasan harus dilakukan pemekaran desa karena pertimbangan jumlah penduduk di Jabar, saat ini ada satu desa yang memiliki jumlah penduduk banyak dan daerahnya luas.

“Seperti desa di Kabupaten Garut sudah memiliki jumlah penduduk yang banyak, wilayahnya luas,” kata Ahab anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Kabupaten Garut itu.

Baca Juga:  Respon Cepat Aduan Masyarakat, Polisi di Purwakarta Tindak Pengendara Kenalpot Brong

Jika dibandingkan dengan provinsi lain, kata dia, seperti di Jawa Timur yang jumlah penduduknya 38 juta jiwa memiliki tujuh ribuan desa, sedangkan Jabar dengan jumlah penduduk 48 juta jiwa baru memiliki 5.500 desa.

Baca Juga:  Sadis! Ini Kronologi Penyerangan dan Pembacokan Seorang Remaja di Sukabumi

Pemerintah desa yang baru, kata dia, nanti akan mendapatkan anggaran dana desa dari pemerintah pusat maupun provinsi untuk menjalankan program pembangunan di desanya.

“Sekarang kan desa dapat anggaran dana desa, di Jatim lebih besar dana desanya Rp15 triliun ketimbang Jabar,” katanya. (Ara)