Kondisi Stadion Purnawarman Purwakarta Memprihatinkan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Stadion Punawarman yang kurang perawatan, dan pemeliharaan, menyebabkan kondisi stadion kebanggaan masyarakat Purwakarta itu cukup memprihatinkan.

Banyak fasilitas telah mengalami kerusakan seperti pada dinding, tribun penonton terlihat rusak dan bolong. Bahkan tumbuhnya rumput liar menandakan jika stadion kebanggaan warga Purwakarta ini perlu renovasi besar-besaran dari pemerintah.

Kepala Bidang Sarana Prasarana pada Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparabud) Purwakarta, Arif Budiman mengakui jika kondisi Stadion Purnawarman perlu perbaikan.

Baca Juga:  Zona Merah, PPKM di Kabupaten Bandung Barat Kemungkinan Diperpanjang

Ia menyebut, perbaikan membutuhkan anggaran besar dan sangat berat jika mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Kalau dari APBD kayanya berat, karena diperkirakaan lebih dari Rp10 miliar,” ungkapnya, Jumat (31/1/2020).

Diungkapkannya, pemerintah akan merenovasi Stadion Purnawarman tetapi tengah menunggu kucuran dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Arif mengaku telah mengusulkan bantuan anggaran dua tahun lalu untuk renovasi berat stadion.

Baca Juga:  Dukungan Terus Mengalir, Hegun Semakin Mantap Maju Jadi Calon Ketua KNPI Jabar

“Renovasi stadion ini memang jadi prioritas kami karena menjadi kebanggaan warga Purwakarta, mudah-mudahan tahun ini turun dan renovasi dapat dilakukan,” ujar dia.

Diungkapkan Arif, awalnya Pemkab Purwakarta menganggarkan lewat APBD senilai Rp 10 miliar. Namun, anggaran tersebut dirasa tidak akan mencukupi untuk rehab berat.

Hingga pada akhirnya memutuskan mengusulkan bantuan ke provinsi pada 2018 untuk merenovasi Stadion Purnawarman tersebut.

Baca Juga:  Peringatan Dini BMKG, Waspada Kebakaran Lahan dan Angin Kencang

“Usulan sudah kami sampaikan, tapi, sampai sekarang kami belum ada koordinasi kembali dengan Bapeda Provinsi, nanti akan kami tanyakan lagi, mudah-mudahan terealisasi tahun ini,” pungkas Arif.

Diketahui, Stadion Purnawarman dahulu sempat menjadi markasnya Club Pelita Jaya. Namun kini, Stadion Purnawarman hanya menjadi home base dari Club Persipo Purwakarta. (Gin)