Cegah Erosi, Gubernur Jabar Tanam Akar Wangi Di Jembatan Biru

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menanam vetiver (akar wangi) di sekitar Jembatan Citarum atau Jembatan Biru bantaran Sungai Citarum Sektor VI, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jumat (31/1/2020).

Tanaman akar wangi dipilih untuk ditanam karena mampu melindungi tanah dari erosi dan toleran terhadap kekeringan.

Tumbuhan monokotil ini pun memiliki akar yang dalamnya bisa mencapai lima meter sehingga tahan cuaca ekstrem, api, dan arus kuat, serta cocok ditanam untuk keseimbangan alam pada lahan miring.

Baca Juga:  Seorang Pengendara Motor Tewas Terlindas Dump Truck di Purwakarta

Pemerintah Provinsi Jabar melakukan penanaman akar wangi di Dayeuhkolot sebagai bagian dari gerakan menanam pohon untuk mengembalikan kondisi-kondisi lahan kritis kawasan Sungai Citarum.

“Mungkin ambisius, tapi Insyaallah dengan gerakan menanam pohon bersama maka lingkungan Jawa Barat bisa kembali asri dan hijau seperti yang kita harapkan,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Kang Emil berharap, mudah-mudahan komitmen Forkopimda Jawa Barat, terhadap isu rehabilitasi lingkungan ini menghasilkan kualitas lingkungan yang lebih baik, mengurangi banjir, dan mengurangi kerusakan lingkungan.

Baca Juga:  Pemprov Jabar dan Shizuoka Akan Gelar Bursa Kerja di Bandung

Dalam waktu bersamaan TNI juga sedang menargetkan rehabilitasi dan normalisasi 100 situ di Jabar untuk mengembalikan volume air yang seharusnya, sehingga air bisa diparkir untuk mengurangi potensi banjir ke arah Jakarta, Bekasi dan lainnya.

Kang Emil pun mengimbau para pimpinan daerah mulai dari wali kota, bupati, camat, lurah, hingga ketua RT/RW untuk berkomitmen menjaga lingkungan.

“Mulai tahun ini Pemerintah Provinsi Jabar sendiri mencanangkan gerakan menanam 50 juta pohon untuk mengatasi lahan kritis,” katanya.

Tak lupa, sosok yang dinobatkan sebagai Gubernur Desa oleh APDESI Jabar pada 2019 ini mengapresiasi para komandan sektor dalam Satuan Tugas Citarum Harum yang mampu menunjukkan kemajuan dalam menanggulangi pencemaran dan kerusakan lingkungan di Sungai Citarum melalui program Citarum Harum.

Baca Juga:  Klaster Baru Muncul di Garut, 79 Nakes RS Swasta Positif Covid-19

Sebelum menanam akar wangi, Kang Emil bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi, serta unsur Forkopimda Jabar lainnya lebih dulu mengikuti sepeda santai dari Gedung Sate hingga tiba di Jembatan Citarum alias Jembatan Biru. (Ara)