JMN Channel


TNKB Akan Berubah Warna

Demi Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas.

Ilustrasi- Sejumlah TNKB yang disusun. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) diusulkan akan mengalami perubahan warna. Perubahan TNKB sangat mempunyai pengaruh yang besar pada era digitalisasi saat ini. Terkait hal tersebut. Ini salah satu upaya mewujudkan kamseltibcar lantas dan Kamtibmas dalam upaya optimalisasi penegakan hukum.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono mengatakan, dengan perubahan TNKB ini, juga akan mendukung program ETLE, karena dibutuhkan visibilitas perubahan jenis TNKB yang memudahkan Camera menangkap identitas kendaraan bermotor, serta dapat membantu dalam hal penyidikan dan identifikasi tindak kejahatan jalanan.

Baca Juga:

Gempar! Warga Kaget Temukan Hewan Mirip Dajjal di Purwakarta

Duh! Atalia Praratya Positif Corona



“ETLE tidak sekedar menangkap pelanggaran lalu lintas, tapi juga untuk Kamtibmas. Kejahatan jalanan akan terpantau Camera. Bila diterapkan di seluruh Indonesia, ini akan memberi rasa aman lebih kepada masyarakat,” jelas Kakorlantas dilansir dari laman ntmcpolri.info, Jumat (31/1/2020).

Sementara itu, Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Halim Pagarra menyampaikan bahwa perubahan warna TNKB diharapkan bisa diterapkam mulai tahun ini, menunggu keputusan dari Kapolri.

Sebagai acuan dari perubahan ini, beberapa pakar sudah melakukan kajian dengan meneliti beberapa negara, baik di Asia maupun di Eropa bahwa lebih dari 80 persen negara di dunia memakai TNKB berwarna terang. Ini juga demi memudahkan penindakan dilapangan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Warna TNKB Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Mabes Polri Korlantas Polri Plat Kendaraan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Demi Pacar, Seorang Perempuan Nekat Selundupkan Sabu ke Lapas

DPRD Minta Dinsos Jabar Kaji Ulang Penyaluran Bansos Covid-19

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi