TNKB Akan Berubah Warna

JABARNEWS | JAKARTA – Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) diusulkan akan mengalami perubahan warna. Perubahan TNKB sangat mempunyai pengaruh yang besar pada era digitalisasi saat ini. Terkait hal tersebut. Ini salah satu upaya mewujudkan kamseltibcar lantas dan Kamtibmas dalam upaya optimalisasi penegakan hukum.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono mengatakan, dengan perubahan TNKB ini, juga akan mendukung program ETLE, karena dibutuhkan visibilitas perubahan jenis TNKB yang memudahkan Camera menangkap identitas kendaraan bermotor, serta dapat membantu dalam hal penyidikan dan identifikasi tindak kejahatan jalanan.

Baca Juga:  Makan Rujak Bebek Di Siang Bolong, Maknyos!

“ETLE tidak sekedar menangkap pelanggaran lalu lintas, tapi juga untuk Kamtibmas. Kejahatan jalanan akan terpantau Camera. Bila diterapkan di seluruh Indonesia, ini akan memberi rasa aman lebih kepada masyarakat,” jelas Kakorlantas dilansir dari laman ntmcpolri.info, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga:  Polres Purwakarta Gencar Perangi Narkoba

Sementara itu, Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Halim Pagarra menyampaikan bahwa perubahan warna TNKB diharapkan bisa diterapkam mulai tahun ini, menunggu keputusan dari Kapolri.

Sebagai acuan dari perubahan ini, beberapa pakar sudah melakukan kajian dengan meneliti beberapa negara, baik di Asia maupun di Eropa bahwa lebih dari 80 persen negara di dunia memakai TNKB berwarna terang. Ini juga demi memudahkan penindakan dilapangan.

Baca Juga:  Diintai Selama Sepekan, Bandar Narkoba Simalungun Berhasil Ditangkap Polisi

“Nantinya TNKB perorangan yang berwarna dasar Hitam tulisan Putih akan berubah sebaliknya, yakni dasar Putih dan tulisan Hitam,” ujar Dirregident. (Red)