Penampakan Esemka Garuda 1 Terlihat Mewah

JABARNEWS | BANDUNG – Setelah meluncurkan mobil perdana Esemka Bima, PT Solo Manufaktur Kreasi diam-diam menyiapkan produk andalan dengan model SUV Esemka Garuda 1. Mobil ini sudah beberapa kali tertangkap kamera menjalani pengujian di jalanan. Namun tahun ini bisa jadi akan menjadi waktu peluncurannya. Akun instagram @esemkaofficial_ menyebut bahwa Esemka Garuda 2.0 akan hadir di tahun Tikus Logam ini.

“Esemka Garuda 2.0 Akan segera dirilis di tahun 2020. Tanggal tepatnya?? Tunggu info selanjutnya,” tulis akun @esemkaofficial_.

Esemka Garuda 1 ikut dipamerkan saat peresmian pabrik dan peluncurkan produk Esemka Bima 1.3 yang dilakukan di Boyolali, Jawa Tengah Jumat 6 September 2019. Mobil yang mirip dengan Foday Landford ini bersanding dengan mobil kabin ganda dan mobil listrik Esemka. Beda dengan Landford yang menggunakan mesin 2,4 liter, Esemka Garuda 1 akan pakai mesin 2.0 liter.

Baca Juga:  Pemkab Majalengka Diminta Perhatikan Kualitas Pembangunan

Tampilan depan Esemka Garuda 1 mirip dengan Foday Landford dengan mengunakan lampu proyektor dan gril yang lebar. Pada bagian belakang lampu sepertinya sudah menggunakan LED. Ada wiper di kaca belakang. Ada spoiler imut namun panjang dengan lampu berada di tengah yang memanjang juga.

Pada bagian kabin menggunakan kombinasi warna abu-abu dengan tambahan krem di beberapa bagian. Jok hadir dengan warna abu-abu kelihatan mewah. Pada layar speedometer masih model manual dengan layar hiburan di tengah kemungkinan 7 inci. Soal hiburan, Esemka memanjakan penumpang dengan keberadaan 3 layar hibungan di baris kedua. Luasan layar diperkirakan 8 inchi.

Baca Juga:  Kak Seto Desak Polri Lindungi Anak-anak Ferdy Sambo

Harga SUV Esemka Garuda 1 diperkirakan masih di bawah Rp 280 juta. Perkiraan harga Esemka Garuda itu didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor 2019. Beleid itu mengatur nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) SUV Esemka Garuda 1 Rp 209 juta.

NJKB merupakan penghitungan nilai jual kendaraan bermotor sebelum memperhitungkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan biaya-biaya ikutan lainnya. Karena penghitungan BBNKB berbeda-beda di setiap daerah atau provinsi, harga yang dipaparkan saat ini adalah harga off-the-road Garuda setelah memperhitungkan PKB.

Baca Juga:  SIBAJA Siap Menangkan Beriman dan Trendi Pilkada Serdang Bedagai

Menurut Permendagri Nomor 4/2019, PKB untuk kendaraan penumpang sebesar 30 persen dari Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB). Oleh karena itu, harga off-the-road Garuda dihitung setelah memperhitungkan NJKB, bobot kendaraan, dan DP PKB.

Esemka Garuda 1 yang memiliki NJKB Rp 209 juta dan DP PKB Rp 219,450 juta, berdasarkan penghitungan yang sama dalam Permendagri itu, harga off-the-road-nya bisa dihitung dengan penjumlahan Rp 219,450 juta x 30 persen + NJKB. Dengan demikian, harga off-the-road Garuda 1 kemungkinan sekitar Rp 274,83 juta. (Red)