Guru Di Majalengka Ikuti Pelatihan Menulis Buku

JABARNEWS | MAJALENGKA – Ratusan guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ‎mengikuti pelatihan menulis buku yang berlangsung di aula PGRI, Sabtu (1/2/2020).

‎Salah satu narasumber dari tim penerbit buku yang ada di Bandung, Usep Kurniadi mengatakan ‎kebanyakan calon penulis gagal karena sejumlah faktor. Namun dari banyaknya kendala menulis buku yang tidak pernah selesai yakni cuma satu saja, faktor alasan.

“Banyak alasan ini itu, sibuk ini itu, sehingga menulis buku terabaikan. Padahal jika menghilangkan alasan itu. Dengan cara praktek menulis, lambat laun akan menjadi naskah buku,” katanya kepada para peserta, Sabtu (1/2/2020).

Baca Juga:  Minta Uang Tidak Diberi, Seorang Anak Tega Pukul Bapak Kandung Pakai Kursi

Saat memberikan materi, Usep memutarkan video Merry Riyana yang telah menulis buku berjudul ” Mimpi Sejuta Dolar”. Ratusan guru yang menjadi peserta terhipnotis.

“‎Inti dari video baru aja kita tonton yakni buang jauh-jauh alasan. Jangan mencari alasan. Kalau mau sukses cari jalan‎ keluarnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Lantik 83 Pjs Kades

Hal senada diungkapkan narasumber lainnya, penulis buku yang juga kepala SMP 4 Sumberjaya, Asikin Hidayat mengatakan pelatihan menulis buku ini sengaja digelar sebagai upaya memberikan semangat dan antusiasme menulis buku kepada para guru.

“Harus ada semangat menulis. Dengan adanya pelatihan ini, sesama guru yang suka menulis ini bertemu. Semangatnya dipertemukan kembali,” ujarnya.

Salah seorang peserta, yang juga guru di sekolah dasar wilayah Kasokndel, Irma mengatakan pihaknya merasa terbantu dengan adanya pelatihan menulis tersebut.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Bandung Terapkan Transaksi Non Tunai

“Saya masih bingung ‎dengan hal menulis. Dengan pelatihan ini semoga menjadi semangat untuk menulis,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan satu hari tersebut mulai berlangsung pukul 09.00 dan hingga saat ini acara masih berlangsung‎. 100 peserta yang hadir merupakan guru dari tingkat SD, SLTP dan SLTA dari berbagai kecamatan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan deklrasi siap menulis buku. (Rik)