Ribuan Pelamar Berebut 277 Kuota CPNS Kota Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kota Tasikmalaya menjadi pusat pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk pemerintah kota dan kabupaten di Priangan Timur yakni Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 di sejumlah instansi telah selesai. Sebanyak 6.382 peserta lolos seleksi administrasi. Tahapan seleksi kompetensi dasar untuk memperebutkan 277 kuota CPNS berbagai formasi di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca Juga:  Penerapan Protokol Kesehatan 3M Jadi Kunci Sekolah Cegah Klaster Baru

Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhamad Yusuf di Tasikmalaya, mengatakan, seleksi tahapan kompetensi tersebut untuk menghasilkan pegawai pemerintahan yang profesional, cerdas dan jujur dalam menjalankan pemerintahan di Kota Tasikmalaya.

“Kita harapkan hasilnya benar-benar menghasilkan PNS yang cerdas, profesional, dan jujur,” kata Yusuf saat meninjau hari pertama pelaksanaan seleksi kompetensi dasar di Gedung Serba Guna Bale Kota Tasikmalaya. Sabtu, (1/2/2020).

Ia menyampaikan, seluruh peserta agar menjalani tahapan seleksi dengan baik, jujur dan tidak terpengaruh oleh pihak lain yang menawarkan jasa meloloskan tahapan seleksi tersebut.

Baca Juga:  Tiga Cara Ini Bisa Kalian Lakukan Ketika Review Kinerja Buruk

Proses seleksi itu, kata dia, tidak bisa dicurangi, karena hasilnya dapat langsung diketahui secara terbuka beberapa saat setelah mengikuti tahapan seleksi kompetensi secara komputerisasi.

“Jangan tergiur oleh orang yang ingin memanfaatkan suasana tes ini, apalagi yang sifatnya percaloan,” katanya.

Ia menambahkan, Pemkot Tasikmalaya membutuhkan pegawai negeri yang cukup banyak untuk memaksimalkan pelayanan publik.

Baca Juga:  Tingkatkan Ekonomi Depok, Bisnis Fashion Harus Gandeng UMKM

Kuota yang saat ini tersedia, masih cukup jauh dari jumlah kebutuhan ideal Pemkot Tasikmalaya, meski begitu jumlah pegawai yang nanti lulus akan dimanfaatkan dengan baik agar pelayanan publik tetap terpenuhi.

“Ini (277 kuota) tidak cukup, tapi karena kuota hanya itu, kita akan manfaatkan yang ada,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan nformasi yang dihimpun sebanyak 51.875 peserta CPNS dari wilayah Priangan Timur mengikuti seleksi di Kota Tasikmalaya mulai 1 sampai 27 Februari 2020. (Red)