Bumdes Mart Mirat Majalengka Wujudkan Mini Market Produk Lokal

JABARNEWS | MAJALENGKA – Merambahnya minimarket hingga ke desa-desa yang minim produk lokal, membuat Bumdes yang ada di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka mendirikan Bumdes Mart.

Direktur Bumdes Eka Cita Sejahtera, Aris Prayuda mengatakan Bumdes Mart ini semuanya menampung produk makanan dan minuman lokal yang dihasilkan dari home industri dan usaha kecil menengah (UKM) yang ada di desa Mirat dan sekitarnya.

Baca Juga:  Ikbal, Santri Hilang di Pantai Tasikmalaya Akhirnya Ditemukan Petugas

“Bumdes Mart ini merupakan jawaban dari keresahan home industri dan UKM lokal‎. Juga merupakan unit usaha perdagangan dari Bumdes Eka Cita Sejahtera,” ungkapnya.

Aris menambahkan selama menjalankan Bumdes, pihaknya bersama para pengurus telah meningkatkan pemasukan laba untuk pendapatan asli desa (PADes).

“Hadirnya Bumdes Mart ini, tentu diharapkan akan menambah keuntungan sekaligus mensejahterakan pelaku usaha, khususnya yang ada di Mirat dan sekitarnya.”ungkapnya.

Baca Juga:  Catat! Ini Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadah Kurban di Tengah Wabah PMK

Pembina Bumdes,  Dadan Suhenda mengatakan dirintisnya Bumdes Mart ini bertujuan meningkatkan usaha dan produk-produk lokal. Juga untuk menghidupkan perekonomian masyarakat Mirat umumnya Kecamatan dan Kabupaten Majalengka.

“Bumdes ini akan menghidupkan ekonomi lokal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kuwu Mirat, Asep Sumekar mengatakan pihaknya mengapresiasi ‎Bumdes Mart, bahkan ke depan mengenai pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mulai akan diberlakukan untuk langsung membayarkannya melalui Bumdes Mart. 

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Minta Ridwan Kamil Perlebar Jalan Wanayasa

“Pembayaran PBB yang biasanya ditagih, untuk ke depan silakan langsung bayar ke Bumdes Mart.” ujarnya.

Acara dilanjut dengan gunting pita. Acara yang berlangsung sederhana ini sempt diguyur hujan, namun tetap lancar. Hanya melibatkan tokoh masyarakat di Desa Mirat. (Rik)