bjb
itcbet

Timbul Tenggelam Kerajaan Tipu-tipu

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, memberikan keterangan terkait penangkapan dua pimpinan Keraton Agung Sejagat di Mapolda Jateng, Rabu (15/1/2020). (Foto: IDN Times)

Penulis: Neni Sumarni (Praktisi Pendidikan/Komunitas Pena Islam).

Heboh. Di tengah frustasi sosial dan ekonomi, masyarakat digemparkan oleh ulah sekelompok orang yang mendirikan keraton atau kerajaan baru. Tak tanggung-tanggung, kelompok tersebut mengklaim dirinya sebagai perkumpulan yang mengatur pemerintahan dunia.

Baca Juga:

Fenomena Kerajaan Baru, Raja dan Ratu Belanda Bakal Sambangi Kalteng

DKKC: Kerajaan Baru Tak Ada Kaitan Dengan Kebudayaan Galuh



Kemunculan pertama soal Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, yang mengklaim sebagai keraton penerus Kerajaan Majapahit yang akan menjadi penguasa di dunia. Kemudian, muncul kelompok yang mengatasnamakan dirinya sebagai Sunda Empire-Earth Empire. Kelompok ini memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020 mendatang.

Sebelumnya pernah dihebohkan juga dengan munculnya kerajaan ubur-ubur. Kerajaan ini muncul pada tahun 2008. Kerajaan ini diketahui merupakan komunitas keagamaan yang berdiri di Jalan Sayabulu, Serang, Banten. Komunitas yang dipimpin oleh sepasang suami istri yang mengaku sebagai jelmaan Nyi Roro Kidul kerap mengadakan pertemuan bersama para pengikutnya setiap hari Kamis hingga Jumat dini hari. Kerajaan ini hanya memiliki 20 orang pengikut.
Halaman selanjutnya
Tags : Kerajaan Palsu Sunda Empire Keraton Agung Sejagat Timbul Tenggelam Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Lagi, Kemunculan "Kerajaan" Baru di Tanah Air

Polemik Sunda Empire, Begini Kata Ceu Popong

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi