Kesulitan Lepaskan Cincin, Santri di Ciamis Minta Pertolongan Damkar

JABARNEWS | CIAMIS – Tidak hanya memadamkan api disaat terjadi kebakaran, ternyata petugas Pemadam Kebakaran Ciamis telah selamatkan seorang santri yang meminta bantuan melepaskan cincin miliknya yang terbuat dari bahan stainles yang dikenakan di jari manis tangan kanannya.

Aksi penyelamatan jari manis seorang santri dari Pondok Pesantren Elbas Ciwahangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang diketahui bernama Umar mendadak histeris dan mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran bersama kedua temannya,” kata Pelaksana Lapangan Pemadam Kebakaran Ciamis, Yayan Mulyansah, Selasa (4/2/2020).

Baca Juga:  Polisi Bubarkan Paksa Unjuk Rasa di DPRD Jabar

“Korban yang diketahui bernama Umar (14) warga Perum Graha Imbanagara Asri Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis tersebut datang dengan keadaan panik sambil menunjukan jari tangannya yang terjepit cincin,” ujar Yayan.

Dia mengaku sulit untuk mengeluarkan cincin dari jarinya, padahal berbagai cara sudah dilakukan, hingga tangannya lecet dan bengkak,” ungkapnya.

Namun tidak berselang lama, setelah datang dan laporan dari korban tersebut, kami bersama petugas piket yang lain langsung melakukan pemotongan cincin dengan mesin gurinda kecil, dan hasilnya jari manis yang terjepit cincin miliknya tersebut berhasil dilepaskan,” tutur Yayan.

Baca Juga:  Di Jawa Barat, Ada 37.119 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Yayan mengaku, bari pertama kali dirinya melakukan evakuasi jari yang terjepit cincin, biasanya kami melakukan pemadaman disaat kebakaran, maupun melakukan evakuasi ular dan sarang tawon, namun kami bersyukur dapat menyelamatkan korban yang terjepit cincin.

“Oleh sebab itu dengan adanya kejadian tersebut Yayan mengimbau kepada masyarakat agar dapat berhati-hati dan jangan sembarangan memasukan cincin jika tidak mengetahui ukurannya, jadi kalau sembarangan memasukan cincin ke jari, nantinya jari tersebut bisa terjepit,” jelasnya.

Baca Juga:  Mendagri Terbitkan Pedoman Kenormalan Baru untuk Pemda, Simak Isinya

Sementara Umar selaku korban yang terjepit cincin mengaku panik karena tidak dapat mengeluarkan cincinnya yang ia pakai, namun saat hendak dicabut dari jari, cincin tersebut sulit dikeluarkan.

“Namun setelah diberikan ide oleh temannya, saya mencoba melihat referensi dari internet tentang cara penyelamatan jari terjepit cincin, makanya saya langsung datang ke Kantor Pemadam Kebakaran Ciamis” tuturnya. (Tny)