Soal Jembatan Ambruk, Bupati Cianjur: Kontraktor Harus Tanggung Jawab

JABARNEWS | CIANJUR – Konstruksi jembatan Cibalagung di Kampung Sukawangi, Desa Babakan Karet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ambruk. Ambruknya jembatan penghubung Pasirgede Raya dan Tangkil diketahui sedang dalam proses pengerjaan.

Jembatan penghubung antardesa senilai Rp5,8 miliar di Cianjur, Jawa Barat (Jabar) ambruk pada Senin (3/2/2020). Kontraktor jembatan tersebut disinyalir lalai lantaran tidak melaporkan perubahan dalam mekanisme pembangunan.

Pelaksana Bupati Cianjur Jawa Barat Herman Suherman meminta penyedia barang dan jasa atau kontraktor bertanggung jawab atas ambruknya jembatan yang dibiayai pemerintah daerah sebesar Rp.5,3 miliar di Kecamatan Cianjur.

Baca Juga:  Pembangunan Pembangkit Unit 2 Cirebon Power Capai 39 Persen

“Kesalahan dalam teknis konstruksi yang seharusnya menggunakan perancah di bagian bawah, ini menggunakan sling yang diikatkan ke pohon. Ini sudah jelas menyalahi aturan teknis,” katanya di Cianjur, Rabu (5/2/2020).

Ambruknya Jembatan Cibalagung di Desa Babakankaret, Kecamatan Cianjur, yang menghubungkan Pasirgede-Tangkil itu, menurut dia merupakan tanggung jawab kontraktor yang dinilai lalai dalam melakukan pekerjaan.

Bahkan pihaknya sudah meminta kepala dinas, untuk menghubungi kontraktor bertanggung jawab dan membayar denda jika tidak menuntaskan pembangunan jembatan tepat waktu karena pembangunan harus sesuai dengan gambar dan jadwal.

Baca Juga:  Guru Di Majalengka Ikuti Pelatihan Menulis Buku

“Proses pekerjaan sudah masuk perpanjangan waktu, pihak kontraktor harus menerima saksi berupa benda dan apabila denda tersebut tidak dibayar kontraktor tersebut akan dicoret,” katanya.

Sedangkan proses hukum akibat kelalaian yang dilakukan pihak kontraktor, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke pihak berwajib untuk melakukan penyelidikan.

“Kami serahkan ke penyidik terkait kelalaian yang terjadi,” katanya.

Baca Juga:  778 Sekolah di Kota Bandung Siap Laksanakan PTMT Gelombang 3

Seperti diberitakan jembatan permanen yang sedang dibangun dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Cianjur, ambruk saat proses pengerjaan, beruntung tidak ada korban jiwa, namun ambruknya jembatan tersebut masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Jembatan besi tersebut memasuki pembangunan tahap II sepanjang 40 meter itu berada di Kampung Cikadu, Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur. Jembatan itu menghubungkan dua desa yakni Desa Babakan Karet dengan Kelurahan Bojong Herang. (Adv)