Pra Musrenbang Kecamatan Palimanan Prioritaskan Tiga Program Ini

JABARNEWS | CIREBON – Pemerintah Kecamatan Palimanan menggelar kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja prioritas tahun 2021. Acara tersebut guna menyeimbangkan Desa bahwa masyarakat itu tidak hanya butuh infrastruktur tapi membutuhkan kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat

“Usulan dari masing-masing desa tadi yang saya rangkum, nanti akan kami pilah-pilah menjadi skala prioritas. Kebanyakan usulan dari masing-masing desa masih di bidang infrastruktur, pembangunan fisik,” ujar Sekretaris Camat Palimanan Suparidi dalam kegiatan Pra Musrenbang Kecamatan Palimanan. Rabu (5/2/2020).

Baca Juga:  Wow, Sebanyak Ini Laporan Hoaks Yang Diterima Pemprov Jabar Selama Pandemi

Suparidi menjelaskan, Jadi ini baru pra musrenbang menampung seluruh pengajuan-pengajuan dari desa mana-mana yang perlu kita prioritaskan. Nantinya akan ada musrembang dan penetapan yang akan menjadi program pembangunan yang direalisasikan di tahun 2021.

“Selain itu, kami juga ingin memfokuskan kepada bidang pemberdayaan sosial, ekonomi nanti akan terbagi rata untuk menyentuh kebutuhan hidup masyarakat di Kecamatan Palimanan ini,” kata Suparidi.

Masalah penanganan pengelolaan sampah pihaknya mengaku mendapat instruksi dari Bupati Cirebon bahwa sampah harus selesai dikelola di tingkat desa, seperti nanti ada semacam bank sampah, terus adanya mesin pengolahan sampah.

Baca Juga:  Bingung Akhir Pekan Mau Kemana? Yuk Sambangi Kampung Singkur

“Alhamdulillah mendapat sambutan positif dari seluruh masyarakat dan kepala desa, jadi kepala desa nanti akan memprioritaskan tentang masalah penanganan pengelolaan sampah,” ungkapnya.

Pihak kecamatan untuk menangani masalah sampah ini memberikan pencerahan, sosialisasi bahwa sampah ini perlu ditangani dengan baik dan menyampaikan kepada kepala desa bahwa sampah ini harus didanai melalui dana APDES.

Selain penanganan sampah, pemberdayaan kader posyandu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah kecamatan Palimanan. Melalui diklat dan melalui peningkatan kapasitas, kader-kader posyandu bisa melayani dan memberikan pendidikan, ekonomi.

Baca Juga:  Buntut RUU HIP, Ribuan Massa Geruduk DPRD Purwakarta Tolak Paham Komunis

“Kuwu ini adalah orang yang punya kebijakan, langsung bersentuhan dengan masyarakat tahu persis apa yang dibutuhkan masyarakat jadi kami mohon baik melalui aparat desa dan musrembang ini bisa membuat progam benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Cirebon memberikan dana sebesar Rp. 2,3 miliar untuk Kecamatan Palimanan. (CR5)