Sinergitas Muspika Palimanan Cirebon Melalui Jumsih

JABARNEWS | KAB.CIREBON – Salah satu untuk terus menjalin sinergitas, Muspika Palimanan, Kabupaten Cirebon secara rutin melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih (Jumsih) yang juga melibatkan masyarakat sekitar.

Selain itu, kegiatan Jumsih juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang tata kelola sampah, karena berawal dari sampah banyak yang buruk yang bisa terjadi.

Baca Juga:  Emplod Ngeunah, Si Endog Léwo ti Malangbong

“Selain sebagai wujud sinergitas, kegiatan Jumsih juga untuk memberikan kesadaran masyarakat perihal tata kelola sampah,” kata Camat Palimanan, H Sarka, Jum’at (31/1/2020).

Menurut H. Sarka, jika dibuang sembarang, sampah di musim penghujan ini bisa menyebabkan tersumbatnya saluran air, menyebabkan banjir hingga menjadi sumber penyakit.

Baca Juga:  Ini Hasil Olah TKP Kecelakaan di Warungkondang Cianjur, Polisi Minta Masyarakat Perhatikan Ini

Dalam kegiatan Jumsih, ujar H Sarka, pihaknya membersihkan jalan nasional Cirebon-Bandung, mulai dari membersihkan sampah yang merusak pemandangan lalu lintas.

Sementara itu, Danramil 2016 Palimanan, Kapten Chd Sofifudin, kegiatan jumsih ini sebagai ajang silaturahmi antara TNI – Polisi dan unsur Muspika Kecamatan Palimanan serta masyarakat sebagai wujud kekompakan serta wujud kepedulian lingkungan.

Baca Juga:  Posko Ketersediaan Oksigen Perlu Didirikan di Kota Bandung, Kata Disdagin

“Sampah itu sangat krusial sekali dan kegiatan jumsih ini mengedukasi masyarakat tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan biar tetap bersih, nyaman dan indah,” ucapnya. (Fii)