Jokowi Diganjar Pujian DPD RI Usai Resmikan Monumen Fatmawati

JABARNEWS | BENGKULU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno, ibu negara pertama Republik Indonesia, di Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu pada Rabu (5/2/2020) siang

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Ibu Negara Fatmawati Soekarno, yang berasal dari Bengkulu, berjasa dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia memuji Presiden Jokowi yang meresmikan monumen Pahlawan Nasional Fatmawati Soekarno, di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Ibu Negara Fatmawati Soekarno merupakan menjahit bendera pusaka merah putih yang dikibarkan saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta.

Baca Juga:  Kemendes PDTT Pecahkan Rekor Dunia, Layang-layang Batik Terbang Serempak Di 33 Provinsi

Wakil Ketua DPD RI, Sultan Baktiar Najamudin, mengungkapkan sebagai kepala negara, presiden telah memberikan contoh bagaimana menghormati dan meneladani para pahlawan pendiri bangsa ini.

“Peresmian monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno oleh presiden merupakan bentuk penghormatan dan semangat untuk mengajak masyarakat indonesia bagaimana meneladani perjuangan para pahlawan khususnya Ibu Fatmawati. Peristiwa ini juga memberikan pelajaran kepada kita semua termasuk anak cucu kita untuk bisa mengenal dan meneladani semua pahlawan nasional,” ungkapnya kepada wartawan.

Baca Juga:  Polisi: Kasus Anji dan Hadi Pranoto Naik ke Penyidikan

Langkah Presiden Jokowi meresmikan monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno juga menginspirasi semua pihak termasuk anak anak kita untuk meneladani jasa-jasa para pahlawan.

“Kita bersyukur dengan ini. Semoga dengan peresmian kali ini anak anak kita semakin ingin mengetahui bagaimana para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia”, imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sambutanya pada acara peresmian monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno mengungkapkan Fatmawati Soekarno merupakan sosok yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Peneliti LIPI: PSBB Respons Tepat Pemerintah, Saya Setuju

“Ibu Fat tidak hanya ibunya orang Bengkulu, tapi juga ibu seluruh bangsa Indonesia,” katanya.

Ibu Fatmawati sangat berjasa dalam menjahit bendera merah putih yang dijahit dengan tangan dia sendiri. Oleh karenanya, monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno menjadi bukti hormat kita kapada Ibu Fatmawati.

“Semoga kita bisa meneladani sikap kenegarawanan beliau. Sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara,” pesan Sultan.

Monumen Fatmawati, menurut dia, merupakan bukti penghormatan bangsa Indonesia terhadap perjuangan Fatmawati Soekarno. (Adv)