Longsor Ancam Rumah Warga Desa Babakan Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Hujan deras yang melanda Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengakibatkan tanah di sekitar aliran Sungai Ciwaringin longsor. Bahkan jalan penghubung Desa Babakan dengan Desa Gintung, Kecamatan Ciwaringin, nyaris putus akibat belum adanya senderan sungai.

Warta, salah satu warga Blok Gempol RT03 RW05 Desa Babakan mengatakan, hujan deras kemarin menyebabkan tanah di belakang rumahnya longsor. Ia pun mengaku khawatir jika hujan kembali turun, longsor akan mengancam rumahnya.

Baca Juga:  Fokus Pemulihan, Dedi Mulyadi Tanggung Biaya Hidup Keluarga Pasien Corona Di Purwakarta

“Kita takut kang, klo hujan lagi rumah saya bisa terkena longsor karena tidak adanya senderan sungai di belakang rumah persis di bantaran Sungai Ciwaringin,” kata Warta kepada Jabarnews.com, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga:  Dear Ortu, Jangan Lewatkan Jadwal Tayang Belajar dari Rumah Lewat TVRI

Ia pun berharap, pemerintah dan pihak terkait bisa segera mengambil tindakan sebelum longsor kembali terjadi.

Sementara itu, Kuwu Desa Babakan, Satori meminta pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kabupaten Cirebon cepat bertindak menangani masalah longsor di desanya yaitu dengan membangun senderan.

Baca Juga:  Korem 063/SGJ gelar Apel Luar Biasa

Selain itu, ujar Satori, longsor susulan kapan pun bisa terjadi disaat hujan kembali turun, dan pastinya itu menyebabkan kekhawatiran warga Desa Babakan.

“Kita berharap pihak BBWS bisa segera ambil tindakan cepat, sebelum terjadinya longsor susulan dan menelan korban jiwa,” harap Satori. (Fii)