aqua

IBL Bersama Citibank Latih Pemuda Purwakarta

Tingkatkan kemampuan pemuda agar tidak jadi pengangguran.

Penyerahan cinderamata usai pembukaan program Skilled Youth atasi pengangguran muda di Purwakarta, Kamis (6/2/2020). (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Saat ini, pengangguran muda masih menjadi salah satu isu sosial utama di Indonesia. Berdasarkan data BPS (2019) menyebut, dari keseluruhan 7,05 juta penduduk menganggur, sekitar 3,98 juta diantaranya berumur 15-24 tahun, tergolong kelompok usia yang sangat produktif.

Mengantisipasi situasi tersebut, Indonesia Business Links (IBL) bersama Citi Indonesia (Citibank) kembali menyelenggarakan Program Skilled Youth guna membekali kemandirian finansial kepada generasi muda Indonesia yang tahun ini menargetkan keseluruhan 1.000 peserta di lima wilayah.



Khususnya di Kabupaten Purwakarta, program ini menetapkan keterlibatan hampir 300 generasi muda. Pemerintah daerah setempat belum maksimal menurunkan angka pengangguran karena masih bergantung pada sektor industri.

"Kendalanya kita banyak perusahaan (pabrik) yang mulai kolaps, ada juga diantaranya yang pindah ke daerah lain," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purwakarta, Aep Durrohman, usai membuka acara Program Skilled Youth, di taman Maya Datar Komplek Kantor Pemkab setempat, Kamis (6/2/2020).

Temuan BPS lain memperlihatkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Purwakarta yang mengalami penurunan 0,24 persen, dari 9,89 persen (2018) menjadi 9,65 persen (2019). Meski demikian, rasio ini masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata TPT Provinsi Jawa Barat – yang mencapai 7,99 persen. Di Purwakarta, dari 438.911 angkatan kerja, sejumlah 43.339 menganggur.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Indonesia Business Links IBL Citi Indonesia Citibank Pengangguran Kemampuan Pemuda Pemuda Purwakarta Pemkab Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi