IBL Bersama Citibank Latih Pemuda Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat ini, pengangguran muda masih menjadi salah satu isu sosial utama di Indonesia. Berdasarkan data BPS (2019) menyebut, dari keseluruhan 7,05 juta penduduk menganggur, sekitar 3,98 juta diantaranya berumur 15-24 tahun, tergolong kelompok usia yang sangat produktif.

Mengantisipasi situasi tersebut, Indonesia Business Links (IBL) bersama Citi Indonesia (Citibank) kembali menyelenggarakan Program Skilled Youth guna membekali kemandirian finansial kepada generasi muda Indonesia yang tahun ini menargetkan keseluruhan 1.000 peserta di lima wilayah.

Khususnya di Kabupaten Purwakarta, program ini menetapkan keterlibatan hampir 300 generasi muda. Pemerintah daerah setempat belum maksimal menurunkan angka pengangguran karena masih bergantung pada sektor industri.

“Kendalanya kita banyak perusahaan (pabrik) yang mulai kolaps, ada juga diantaranya yang pindah ke daerah lain,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purwakarta, Aep Durrohman, usai membuka acara Program Skilled Youth, di taman Maya Datar Komplek Kantor Pemkab setempat, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga:  Yuk Ikuti Sensus Penduduk Online, Begini Tutorialnya

Temuan BPS lain memperlihatkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Purwakarta yang mengalami penurunan 0,24 persen, dari 9,89 persen (2018) menjadi 9,65 persen (2019). Meski demikian, rasio ini masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata TPT Provinsi Jawa Barat – yang mencapai 7,99 persen. Di Purwakarta, dari 438.911 angkatan kerja, sejumlah 43.339 menganggur.

Aep menjelaskan upaya yang dilakukan pemerintah daerahnya ialah meningkatkan kualitas dan kuantitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Dari UMKM itu diharapkan dapat menjaring tenaga kerja baru maupun para pengangguran yang di PHK itu bisa bekerja lagi,” jelasnya.

Baca Juga:  Polda Jabar Antisipasi Ancaman Gangguan Kejahatan Konvensional

Program tersebut juga didukung oleh berbagai perusahaan swasta, termasuk dari bidang perbankan. Salah satunya diinisiasi oleh Indonesia Business Links bersama Citi Indonesia (Citibank).

Ditempat yang sama, Manajer Program IBL R Adi Nur Setiadi menilai tingginya pengangguran di Kabupaten Purwakarta lebih disebabkan oleh daya saing tenaga kerja yang masih rendah.

“Purwakarta ini daerah industri. Di sini terdapat gap antara kebutuhan tenaga kerja dengan apa yang diinginkan perusahaan,” kata Adi seusai acara pembukaan program.

Menurut pengamatan Adi, di daerah-daerah seperti Purwakarta, Karawang, Bandung dan Kabupaten/Kota Bekasi, pihak perusahaan kerap mengeluhkan karakteristik tenaga kerja lokal. Karakteristik mereka dinilai kurang baik dibandingkan tenaga kerja dari luar daerahnya.

“Anak-anak lokal pasti kalah bersaing. Karakter yang dibutuhkan seperti disiplin. Kalau anak lokal terkadang kalau ada sunatan tetangganya, dia izin libur kayak tidak ada beban,” ujar Adi.

Baca Juga:  Bingung Akhir Pekan Mau Kemana? Yuk Sambangi Kampung Singkur

Pembentukan karakter tenaga kerja itu menurutnya termasuk dalam program IBL. Dalam progam di tahun 2020 ini, Adi menargetkan 300 peserta program kali ini bisa diterima bekerja di perusahaan maupun menciptakan usaha yang dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Dengan adanya pemberdayaan kalangan muda melalui peningkatan kemampuan, baik softskill ataupun hard skill, salah satunya lewat Program Skilled Youth ini, para generasi muda akan mampu memacu kapasitas diri sehingga membuka kesempatan ekonomi yang lebih baik

“Kami meyakini pengangguran di kalangan muda bisa teratasi apabila sektor bisnis, pemerintah, organisasi masyarakat dan akademisi dapat berkolaborasi sinergis,” tutupnya. (Gin)