aqua

Mendagri Tito Beberkan Mekanisme Penyaluran Dana Desa

Rencana itu bertujuan untuk memotong rantai birokrasi transfer dana tersebut di daerah

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pemerintah menyiapkan sejumlah skema untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan dana desa. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian berencana mengubah mekanisme transfer alokasi dana desa dan yang saat ini ditransfer oleh pemerintah pusat ke kas pemerintah daerah.

Tito menyatakan pihaknya akan meningkatkan koordinasi antarkementerian terkait, baik Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca Juga:

Nathan Bocah Penderita Flek Paru Di Purwakarta Yang Sempet Viral, Ini Kondisinya

Terus Bergulir, Giliran Komunitas Di Purwakarta Dan Subang Tolak Cagar Alam Berubah Status



"Nantinya dana itu akan ditransfer oleh pemerintah pusat secara langsung ke rekening kas desa masing-masing yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian masalah dana desa yang ada rencana dari Kemenkeu untuk didrop ke langsung ke Kades," ujar Tito Karnavian usai bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Tito menyatakan rencana itu bertujuan untuk memotong rantai birokrasi transfer dana tersebut di daerah. Pemerintah pusat ingin memotong alur pendistribusian dana sehingga cepat sampai dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh desa.

"Prinsipnya sebetulnya positif yaitu ingin memotong birokrasi, jangan sampai selama ini dana desa itu adanya di Kabupaten dari Kabupaten baru kemudian ke desa," kata Tito.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Dana Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa Penggunaan Dana Desa Tito Karnavian Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Wow! Foya-foyanya Kaum Tajir

BTN Dukung Program BUMN Dalam Islamic Nexgen Fest 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi