Simak! Berikut Ini Fenomena Alam Terjadi di Bulan Februari

JABARNEWS | BANDUNG – Di Bulan Februari, masyarakat Indonesia berkesempatan menyaksikan fenomena alam dimulai dari hujam meteor hingga bulan purnanama.

Bulan yang identitik denganngan kasih sayang ini, Obseravatorium Bosscha lewat akun media sosial Instagram-mengumumkan langit di Indonesia akan menampilkan berbagai fenomena alam yang bisa disaksikan masyarakat pada Februari.

Berikut ini merupakan Fenomena Alam Langit indonesia yang ada di bulan Februari, Simak !

M44 (Messier 44) Beehive Cluster

Messier 44 adalah gugus bintang yang terletak di rasi bintang Cancer. Fenomena dapat dilihat dengan binokular standar dan dapat diamati mulai pukul 17:53 WIB, pada tanggal 1 Februari .

Bulan Pada Fase Kuartal Pertama (Perbani Awal)

Fenomena fase bulan ini dapat disaksikan di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 18.30 WIB. pada 2 Februari, Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat bulan terbenam.

Baca Juga:  MUI Minta Masyarakat Dukung Pemerintah dalam Penindakan Tegas Mafia Tanah

Puncak Hujan Meteor Centaurid

Pada 9 Februari, hujan meteor ini bisa diamati mulai pukul 21:47 WIB sampai jelang fajar. Centaurid akan mencapai titik kulminasi menjelang pukul 05.00 WIB.

Dikutip dari Langit Selatan, pada puncak hujan meteor, pengamat bisa melihat 6-7 meteor per jam dengan kecepatan 58 km/ detik.

Bulan Purnama

Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar menyingsing. Pada 9 Februari, Fenomena ini dapat diamati dengan mata telanjang.

Bulan Pada Fase Kuartal Terakhir (Perbani akhir)

Bulan terbit tengah malam dan terbenam siang hari. Bulan bisa diamati Pada 16 Februari, pukul 23.38 WIB sampai jelang fajar.

Baca Juga:  Persikab Kabupaten Bandung Siap berlaga di Liga 3

Konjungsi Mars dengan Bulan

Para pengamat langit harus bersiap-siap melihat peristiwa yang tidak biasa ini. 18 Februari Bulan akan meluncur di depan Mars. Dalam waktu yang sama, Bulan dan Mars juga akan mendekati Bumi.

Fenomena ini bisa diamati di seluruh Amerika Utara, Amerika Tengah, bagian Utara Amerika Selatan, Kuba dan Haiti. Di Jakarta sendiri, Mars dan Bulan akan terlihat di langit pada pukul 01.55 WIB hingga 05.46 WIB.

M81 Galaksi Bode

Fenomena dapat diamati mulai pukul 19.02 WIB , pada 20 Februari, dan dapat dilihat dengan menggunakan binokular. Pada 20 Februari, M81 akan berada di titik tertinggi di langit.

Baca Juga:  Aturan Baru! PNS Tak Lapor Harta Kekayaan Bisa Dihukum Pemberhentian

Konjungsi Bulan dengan Jupiter

Bulan sabit dan Jupiter akan memiliki kenaikan yang sama sehingga tampak berpasangan di ufuk timur. Dalam waktu yang bersamaan kedua objek juga mendekati Bumi. Fenomena bisa diamati pada 20 Februari, pukul 02.58 WIB.

Konjungsi Bulan dengan Venus

Venus dan Bulan sabit juga akan terlihat berdekatan di langit pada 27 Februari di rasi Pisces setelah Matahari terbenam. Masyarakat bisa menikmati fenomena ini dengan mata telanjang pada 27 Februari, pukul 18.26 WIB. (Red)