Live Stream Bandung 132 TV


Dishut Jabar: Peralihan Fungsi TNGC Perlu Dibahas Secara Komprehensif

Proses peralihan fungsi TNGC menjadi Tahura akan memerlukan waktu yang lama.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan. (Foto: Humas Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Polemik ahli fungsi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menjadi Taman Hutan Raya (Tahura) semestinya dapat diselesaikan lewat koridor hukum.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan mengatakan, semua pihak mesti duduk satu meja membahas peralihan tersebut secara komprehensif dengan tuntunan perundang-undangan.

Baca Juga:

Ridwan Kamil Sebut BOR di Jabar Sudah Lewati Batas Darurat dari WHO

DPRD Jabar Dorong Pemprov Gencarkan Vaksinasi Secara Massal



Sebab, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2010 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, peralihan fungsi Taman Nasional menjadi Tahura sudah diatur secara rinci, berikut pemerintah yang berwenang.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat (soal peralihan fungsi TNGC). Usulan itu harus dilengkapi dengan hasil kajian yang komprehensif. Mulai dari ekologi, lokasi, sosial budaya, ekonomi," kata Epi dalam keterangan yang diterima Jabarnews.com di Bandung, Jum'at (7/2/2020).

Epi menekankan, proses peralihan fungsi TNGC menjadi Tahura akan memerlukan waktu yang lama. Setelah usulan masuk dari Kabupaten ke Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, KLHK akan membentuk tim terpadu yang terdiri dari berbagai keahlian, peneliti, akademisi pemerhati lingkungan dan lain-lain.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dinas Kehutanan Dishut Jabar Peralihan Fungsi Pemprov Jabar Taman Nasional Gunung Ciremai Taman Hutan Raya Pemkab Kuningan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi