Menpan RB: ASN Harus Siap 24 Jam Ditanya Wartawan

JABARNEWS | BANJARMASIN – Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menekankan pentingnya peranan pers bagi institusi pemerintahan mulai dari Presiden, kementerian, hingga kepala desa. Untuk itu, Tjahjo meminta jajaran ASN untuk siap 24 jam untuk melayani pertanyaan dari wartawan.

“Bahkan pejabat publik, ASN khususnya dalam lingkup KemenPAN-RB, harus 24 jam lewat humasnya harus siap untuk ditanya (wartawan),” ujar Tjahjo saat menghadiri rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020).

Baca Juga:  BMKG: Hujan Kilat Disertai Angin Kencang Potensi Guyur Beberapa Wilayah Ini

Ia juga menuturkan, ada sejumlah perbedaan antara media di era Orde Baru dengan media saat ini. Tjahjo mengatakan, di zaman pemerintahan Presiden Soeharto, sulit untuk mendirikan media karena prosesnya yang panjang.

“Orang bikin media aja sulit, orang bikin kartu media aja sulit sekali. Ada litsusnya (penelitian khusus) segala macam,” tutur Tjahjo.

Sementara saat ini, kata Tjahjo, mudah bagi siapa saja untuk membuat media. Bahkan ada sejumlah media yang sengaja dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu.

Baca Juga:  Tiga Hari Hilang, Pemancing Terseret Arus Sungai Ciwulan Akhirnya Ditemukan

Sekarang orang biasa setiap saat bikin tabloid. Bikin media orang yang tujuannya untuk menghajar pejabat, untuk menghajar seorang.

“Bikin kartu wartawan 10 pun bisa. Dulu wartawan kalau mau tanya pejabat, tanya langsung apa masalah ini. Sekarang Bapak ngomong aja, Pak, saya tulis. Bapak kirim WA aja, Pak. Ini tantangan kita bersama,” sambungnya.

Lebih lanjut, Tjahjo mengungkapkan pers menjadi bagian penting dalam karier politiknya. Ia menyebut, selama 37 tahun berkiprah di dunia politik hingga bisa menjadi menteri tak lepas dari peranan media.

Baca Juga:  Soal Pengiriman Ratusan Pekerja Migran ke Korsel, PSI Bilang Begini

“Tanpa diberitakan oleh teman-teman pers, tanpa dibantu teman-teman pers yang saya dulu juga pernah jadi wartawan, sangat-sangat membantu. Kehidupan saya selama 37 tahun selalu ketemu dengan teman-teman pers,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam peringatan HPN, Sabtu (8/2/2020) besok. (Red)