Etape 1 Tour de Langkawi: Fedorov Juara, Jamalidin ke-28

JABARNEWS | Kuching – Etape pertama Tour de Langkawi 2020 yang berlangsung di Kuching, Sarawak, Malaysia, Jumat (7/2/2020) sudah usai.

Pebalap sepeda tim Vino-Astana Motors Yevgeniy Fedorov dari Kazazhstan merebut kaus kuning. Ia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:51:01 pada etape yang menempuh jarak 96,2 kilometer tersebut.

Sementara itu, pebalap sepeda Indonesia dari PGN Road Cycling Team (PRCT), Jamalidin Novardianto, finis di urutan ke-28. Pria kelahiran Malang itu mencatatkan waktu 1:52:18, tertinggal satu menit, 17 detik dari sang pemenang pertama.

Fedorov selain mengamankan kaus kuning, juga merebut kaus hijau (raja sprint) dan kaus putih (pebalap sepeda terbaik Asia).

Pebalap Thailand Continental Cycling Team, Boonratanathakorn Thurakit, menduduki urutan kedua dengan catatan waktu 1:51:04 (tertinggal tiga detik), sedangkan urutan ketiga dihuni oleh Ahmet Orken dari Tim Sapura Cycling dengan catatan waktu 1:52:18 (tertinggal satu menit 17 detik).

Baca Juga:  Diduga Supir Mengantuk, Truk Bermuatan Semen Ini Hilang Kendali Hingga Terguling

Satu-satunya kaus yang lepas dari genggaman Federov adalah kaus merah sebagai raja tanjakan, yang direbut pebalap Team Bridgelane, Juan Pierre Van der Merwe.

“Ini kemenangan besar. Namun kemenangan ini untuk seluruh anggota tim,” kata Fedorov setelah balapan.

Rasa sukacita juga diungkapkan pebalap peringkat kedua Boonratanathakorn.

“Hasil ini adalah untuk tim. Kami memenangi beberapa balapan 2.1 atau 2.0, tapi TdL berbeda,” ucap pebalap Thailand itu yang tidak menyangka akan dapat finis di urutan kedua.

Baca Juga:  Bahas Kartu Sehat, Wali Kota Bekasi Bertemu Moeldoko

Sedangkan pebalap Indonesia lainnya, rekan setim Jamalidin di PRCT, Aiman Cahyadi, melewati garis finis di urutan ke-32 dengan catatan waktu yang sama, 1:52:18.

Catatan waktu yang sama juga ditorehkan Ahmad Yoga Ilham Firdaus yang berada di urutan ke-49. Demikian pula Bernard Benyamin van Aert (60), Jamal Hibatullah (87), dan Sandi Nur Hasan (89).

Meski belum mendapatkan poin pada etape pertama, director sport PCRT Wawan Setyobudi tidak berkecil hati.

“Ini baru permulaan. Selain itu kilometer sebenarnya agak berbeda dengan rencana. Catatan sebenarnya balapan tadi adalah 86 kilometer,” kata Wawan setelah balapan.

Namun Wawan tidak akan mengajukan keluhan terkait hal itu karena semua tim melahap jarak yang sama, dan akan fokus pada etape kedua dari Kuala Terengganu sampai Kerteh.

Baca Juga:  Pemerintah Izinkan Sholat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Terbuka, Ini Syaratnya

“Kami punya pebalap yang jago sprint, juga pebalap-pebalap yang jago di tanjakan,” tuturnya.

Balapan dimulai pada pukul 08.30 WITA dengan dibuka oleh Menteri Belia dan Sukan Malaysia Syed Saddiq bin Syed Abdul Rahman.

Etape satu Tour de Langkawi 2020 diselenggarakan dengan mengelilingi Kota Kuching yang menggunakan trek datar, dengan titik start dan finis berada di Padang Merdeka.

Etape kedua akan dilangsungkan di jalur sepanjang 175,5 kilometer, dari Kuala Terengganu sampai Kerteh, pada Sabtu (8/2/2020). (Ara)