Hujan Deras Sebabkan Longsor Dua Desa di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan terus menerus yang mengguyur wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyebabkan terjadinya longsor di sejumlah titik di wilayah tersebut, Sabtu (8/2/2020).

Setidaknya hingga saat ini, longsor terjadi di dua desa di Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Dua Desa yang terdampak longsoran, yakni Desa Bojongtimur dan Desa Cihanjawar.

Kepala Desa Cihanjawar, E. Nurhayat, mengatakan hujan yang terus mengguyur dari kemarin sore Jumat (7/2/2020) hingga pagi ini Sabtu (8/2/2020) mengakibatkan ada tujuh titik longsor yang terjadi di wilayahnya.

Baca Juga:  Suara Dentuman Misterius Terdengar di Cianjur, Warga: Menakutkan

“Ada tujuh titik longsor di sini (Cihanjawar.red). Material longsor menutup jalur akses menuju Desa Cihanjawar dan ada juga yang menimpa sebuah perkebunan bunga di sini,” kata Nurhayat, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Saat ini, lanjut dia, untuk material longsor yang menutupi jalan sudah di evakuasi oleh warga dan jalur sudah bisa dilalui.

Baca Juga:  BNPB Sebut Dampak Kejadian Bencana 2021 Naik Sampai 76,9 Persen

“Alhamdulillah untuk materil longsor sudah dapat diatasi, kini tengah dilakukan pembersihan tanah sisa longsoran yang menutupi badan jalan,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Bojongtimur, Dedi Junaedi mengatakan, di wilayahnya juga terjadi longsor. Ada tiga titik yang terjadi longsor, dua diantaranya yang terparah yang berda di Kampung Cileuweung RT 013/RW 007 desa setempat.

Dedi menjelaskan longsor terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 22.10 WIB dan disusul longsor kedua pada Sabtu dinihari sekira pukul 01.00 WIB.

Baca Juga:  Wow.. Alat Ini Bisa Cegah Kecanduan Internet Buatan Mahasiswa UI

“Atas kejadian longsor tersebut dua unit bangunan dan kolam ikan tertimpa longsoran. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” terangnya, Melalui pesan singkat WhatsApp.

Saat ini warga di dua Desa tersebut tengah melakukan bakti swadaya membersihkan tanah longsor di wilayahnya masing-masing. (Gin)