Program Sapa Pelanggan, PT KAI Berikan Pelayanan Optimal ke Konsumen

JABARNEWS | BANDUNG – Tak bisa dimungkiri, kinerja pelayanan sarana transportasi berbanding lurus dengan peningkatan minat masyarakat menggunakan jasa moda transportasi publik. Dengan dasar pemikiran tersebut, tak heran kalau kemudian upaya perbaikan kinerja pelayanan transportasi publik harus terus dikedepankan.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki cara yang unik, yakni melalui Program Sapa Pelanggan.

Program Sapa Pelanggan mewajibkan seluruh pegawai KAI yang berada di stasiun atau di atas kereta api menunjukkan senyum, memberi salam, dan menyapa setiap bertatap muka dengan pelanggan.

Baca Juga:  Soal Kelangkaan Beras di Beberapa Daerah, Bapanas Ungkap Dua Penyebab Ini

“Kami ingin menunjukkan pelayanan yang prima kepada pelanggan dari seluruh pegawai, bukan hanya yang bertugas di bidang pelayanan ataupun frontliner,” tutur VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan dalam keterangan pers PT KAI.

Yuskal menjelaskan, program tersebut berlaku bagi pegawai yang sedang berada di lingkungan stasiun atau di atas kereta api, baik yang sedang melakukan perjalanan dinas maupun untuk keperluan lainnya.

Baca Juga:  Jangan Ditiru! Oknum Polisi Ngegas Saat Ditegur Pakai Masker

Program tersebut juga berlaku bagi seluruh level manajemen dari yang tertinggi hingga pelaksana, diharuskan menjalankan Program Sapa Pelanggan.

“Dalam program ini, pegawai juga diminta untuk berbincang dengan penumpang mengenai kereta api yang digunakan, pelayanan yang diterima, kemudahan dalam mendapatkan tiket, dan berbagai hal lainnya terkait KAI,” jelasnya.

Baca Juga:  Syaiful Huda: Panduan Pembelajaran Kemendikbud tidak Jelas

Kehadiran Program Sapa Pelanggan diharapkan dapat terjadi interaksi antara pelanggan dan pegawai. Sehingga penumpang merasakan adanya dukungan dari seluruh pegawai saat menggunakan layanan KAI.

“Melalui program ini juga sebagai alat evaluasi kinerja KAI secara langsung dari pengguna kereta api,” pungkas Yuskal.

Diharapkan melalui program ini, para pelanggan diharapkan bisa mengutarakan masukan atau kritik yang membangun untuk peningkatan layanan KAI ke depannya. (Red)