Wow! Realisasi Investasi di Karawang Capai Rp2,927 Triliun

JABARNEWS | KARAWANG – Badan Koordinasi Penanaman Modal Jawa Barat, menyatakan dari lima kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat, realisasi investasi di Karawang masuk urutan kedua tertinggi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mencatat realisasi investasi di wilayahnya mencapai Rp24,296 triliun pada 2019.

Kepala Seksi Data Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Karawang Oktaf Hariadji mengatakan, untuk realisasi investasi penanaman modal asing sepanjang Januari hingga Desember 2019 mencapai Rp21,324 triliun, sedangkan penanaman modal dalam negeri mencapai Rp2,927 triliun.

Baca Juga:  Soal Pemotongan Dana Beasiswa PIP, Ketua FAGI Kecewa

“Realisasi investasi masih tinggi. Buktinya pada tahun 2019, Karawang menjadi daerah dengan nilai investasi tertinggi kedua di Jawa Barat,” ujarnya, Minggu (9/2/2020).

Baca Juga:  Menkopolhukam dan Menkumham Jamin Kebebasan HAM

Dikatakannya, sesuai laporan urutan investasi pertama ialah Kabupaten Bekasi dan ketiga Kabupaten Bogor. Selanjutnya Kabupaten Cirebon masuk urutan investasi tertinggi keempat dan kelima ialah Kota Bekasi.

Menurut Oktaf, investasi di Karawang didominasi kegiatan transportasi, pergudangan, perumahan dan pembangunan kawasan industri.

Baca Juga:  Soal Indonesia Tunda Keberangkatan Jamaah Haji, Ini Respon Arab Saudi

“Untuk meningkatkan investasi, kami terus melakukan perbaikan sistem pelayanan perizinan,” katanya.

Untuk diketahui, grafik menanjak investasi di Jabar terlihat dari realisasi dana investasi yang diperoleh. Berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) pada Semester I Tahun 2019, jumlah investasi yang direalisasikan di 27 kabupaten/kota di Jabar mencapai Rp.68,9 triliun. (Ara)