DPRD Jabar Minta Pelabuhan Patimban Bisa Tingkatkan Perekonomian Warga

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Hasbullah Rahmad mengatakan keberadaan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang diharapkan bisa mengangkat perekonomian khususnya warga sekitar.

Hasbullah mengatakan Tata Ruang Jawa Barat sudah mengakomodir kawasan Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban dan Majalengka) serta akses kereta dan jalan tol sudah dirancang.

“Mudah-mudahan proses ekspor dan Impor di pelabuhan Patimban ini dapat meningkatkan perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Barat,” ujar Hasbullah Rahmad Senin (10/02/2020).

Baca Juga:  Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf Sebut Penundaan Pemilu 2024 Masuk Akal

Oleh karena itu, pihaknya mendorong, agar Pelabuhan Patimban ini bisa menjadi pelabuhan yang ramah lingkungan karena terpisah dengan pelabuhan curah kering untuk suplai batu bara.

“Nantinya ada pelabuhan curah basah dari Pertamina untuk bahan bakar dan ada pelabuhan parkir serta peti kemas,” ujarnya.

Baca Juga:  Enam Provinsi Ini Miliki Angka Buta Aksara Tinggi

Selain itu Ia berharap, dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban nanti bisa menjadi percepatan pertumbuhan untuk tata ruang Jawa Barat mengembangkan kawasan Industri dua di wilayah Segitiga Rebana.

Hasbullah meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat memanfaatkan pelabuhan Patimban untuk menjual hasil bumi masyarakat Jawa Barat.

Baca Juga:  Pemred Media Online Pematang Siantar Tewas Diduga Ditembak OTK

“Semula masyarakat kesulitan mengekspor, sekarang akan lebih gampang karena pelabuhan ekspornya ada di Jawa Barat,” katanya.

Selain itu menurut Hasbullah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat harus melihat adanya perspektif bisnis.

Dia mendorong BUMD Jawa Barat untuk mulai intens berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengambil sektor bisnis di wilayah pelabuhan Patimban. (Adv)