Puluhan Wartawan PWI Kota Bandung Jadi Pedonor Darah PMI

JABARNEWS | BANDUNG – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung ikut menjadi pedonor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung di Jalan Aceh No.79, Senin (10/02/2020).

Aksi yang dapat dikatakan langka ini, merupakan inisiatif insan pers yang tergabung dalam PWI Kota Bandung dan tergerak ingin membantu atas sesama manusia yang kerap banyak membutuhkan donor darah dari PMI Kota Bandung.

Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Kegiatan yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB, diawali dengan pendaftaran, kemudian pemeriksaan Tensi dan HB darah, kemudian setelah melewati beberapa tahapan, puluhan wartawan dinyatakan sehat dan siap proses pengambilan darah di ruang khusus.

Baca Juga:  Alhamdulillah Bupati Purwakarta Dinyatakan Negatif Covid-19

Wakil Ketua PWI Kota Bandung, Asep Budianto, SH. mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, dan diikuti puluhan anggota PWI Kota Bandung.

“Selain diikuti pula oleh IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Kota Bandung dan anggota SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Jawa Barat,” ujarnya.

Tujuan dari kegiatan sosial donor darah sambung dia, guna mewujudkan sikap peduli dan sukarela para wartawan yang ada PWI Kota Bandung dalam membantu sesamea serta mencoba membantu PMI Kota Bandung untuk ketersediaan Darah.

“Alhamdulillah berkat dukungan PMI Kota Bandung, hari ini kegiatan donor darah dalam rangka peringatan HPN 2020, telah selesai dan sukses dilaksanakan,” ucapnya.

Baca Juga:  Labkes Bandung Sebut Virus Corona Ikut Mati Usai Jenazah Dimakamkan

Budi menambahkan, sebelumnya PWI Kota Bandung juga melalui PWI Peduli juga ikut melakukan kegiatan sosial bencana banjir di Kabupaten Bandung. Rekan-rekan wartawan di PWI mengumpulkan bantuan dari para donator dan telah mendistribusikan bantuan berupa makanan, minuman dan pakaian layak pakai untuk para korban banjir di Sapan Kabupaten Bandung.

“Semoga apa yang kami lakukan ini sedikitnya dapat meringankan para korban,” pungkasnya.

Sementara Ade Kurnia, Staf Rekruitman Donor PMI Kota Bandung menyampaikan apresiasi kepada PWI Kota Bandung.Atas nama PMI Kota Bandung, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada PWI Kota Bandung yang telah mendonorkan darahnya.

Baca Juga:  Menteri Keuangan Buka Rakernas dan Silatnas Jaringan Saudagar Muhammadiyah

“Saat ini PMI Kota Bandung menargetkan donor darah dari masyarakat sebanyak 400 labu sehari, artinya dalam sebulan 12 ribu labu,” tukasnya.

Dia menjelaskan, guna mencapai target tersebut, PMI Kota Bandung melakukan beberapa langkah strategi. Salah satunya membuka layanan pelayanan hingga pukul 21.00 malam.

“Kita juga punya layanan mobil unit, biasanya satu mobil bisa melayani empat tempat. Untuk layanan ini, minimal ada 80 calon donor, namun jika kurang dari jumlah tersebut juga tidak menjadi masalah, tetap kita layani. Sampai kini, kebiasaan masyarakat mendonorkan darahanya sudah semakin baik,” paparnya. (robby)