Syaiful Huda: Empat Pilar Kebangsaan Ciptakan Kerukunan

JABARNEWS | KARAWANG – Ketua Komisi X DPR RI Fraksi PKB H. Syaiful Huda mengatakan, lahirnya empat pilar kebangsaan patut disyukuri oleh setiap warga negara Republik Indonesia.

Pasalnya, dengan adanya empat pilar kebangsaan tersebut terbukti telah menciptakan kerukunan hidup setiap warga sejak negara ini berdiri.

“Kita harus menjadi muslim yang terbaik dan WNI yang baik, di mana Pancasila merupakan hasil konsesus negara untuk masyarakat Indonesia,” kata Huda saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Ponpes Al Fathimiyah, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (9/2/2020).

Baca Juga:  Tutup TMMD, Pangdam Siliwangi Ajak Masyarakat Pelihara Warisan Budaya Bangsa Ini

Huda menjelaskan, empat pilar kebangsaan merupakan empat landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi yakni Pancasila, konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (Negara Kesatuan Republik Indonesia), serta semangat keberagaman atau Bhinneka Tunggal Ika, sebagai modal sosial dalam membangun kekuatan bangsa.

Baca Juga:  Jutaan Ekor Ikan Mati di Waduk Cirata Cianjur Akibatkan Kerugian Besar, Ini Penyebabnya

Oleh karena itu, Huda menekankan bahwa merawat budaya dan penguatan tradisi merupakan bagian dari merawat spiritualitas kenegaraan.

Indonesia dengan keragaman suku, budaya, dan agamanya patut disyukuri karena bisa dijadikan modal dasar untuk menguatkan spiritualitas bangsa.

Baca Juga:  Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai 14 Desember 2021, Bisa Dilakukan di Daerah Ini

“Kita harus bersyukur dilahirkan di Indonesia dan menjadi WNI dengan kekayaan budaya suku dan agama,” tegas Huda yang juga Ketua DPW PKB Jawa Barat tersebut. (Red)