aqua

Nadiem: Aturan Penyaluran Dana BOS Diperketat

Dana BOS langsung disalurkan ke sekolah.

Menkeu Sri Mulyani bersama Mendikbud Nadiem Makarim dan Mendagri Tito Karnavian berfoto sebelum memberikan konferensi pers tentang Sinergi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Desa Berbasis Kinerja di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (10/2/2020). (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Untuk sekolah yang wilayahnya tak difasilitasi koneksi internet, kata Nadiem, bakal jadi kewajiban Dinas Pendidikan di wilayahnya untuk menginput data anggaran secara online.

Selain melaporkan kepada Kemdikbud, sekolah juga diwajibkan melampirkan rincian anggaran pada papan informasi di sekolah. Sehingga, kata Nadiem, informasi tersebut bisa diakses oleh murid, guru maupun masyarakat sekitar sekolah.

Baca Juga:

Kepala Sekolah Wajib Pajang Papan Informasi Penggunaan Dana BOS

Hore.. Dana BOS Akan Dikirim Langsung ke Kepala Sekolah



Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan penyederhanaan birokrasi dengan menyalurkan dana BOS langsung ke kepala sekolah artinya membutuhkan pengawasan lebih dari pihaknya.

Dalam hal ini, ia mengaku tadinya akan membuat aturan khusus dari Kemendagri kepada pemerintah daerah untuk mengimbau terkait pengawasan. Namun ia dan Nadiem sepakat menggabungkan kewenangan keduanya agar pengawasan dari Dinas Pendidikan lebih maksimal.

"Kemendagri dan Kemdikbud khusus pembinaan dan pengawasan akan mengeluarkan peraturan bersama atau surat edaran bersama. Petunjuk kepada Pemda, Dinas Pendidikan di provinsi, kabupaten dan kota untuk membina dan mengawasi," tuturnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dana BOS Bantuan Operasional Sekolah Nadiem Makarim Dana Desa Tito Karnavian Mendagri Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Nadiem Akan Terapkan Sistem Pendidikan Merdeka Belajar

Kejari Majalengka Selidiki Dugaan Korupsi Dana BOS

Kejari Majalengka Selidiki Dugaan Korupsi Dana BOS

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi